ADVERTISEMENT

Perlintasan Rawageni Depok Dibuka Lagi, Warga Pasang Tenda Gelar Syukuran

Fakhri Fadlurrohman - detikNews
Sabtu, 25 Jun 2022 13:42 WIB
Perlintasan Rawgeni, Depok, dibuka lagi, warga gelar syukuran.
Perlintasan Rawgeni, Depok, dibuka lagi, warga menggelar syukuran. (Foto: tangkapan layar video Instagram @depok24jam)
Depok -

Perlintasan sebidang di Rawageni, Depok, yang ditutup KAI dibuka lagi oleh warga. Warga pun menggelar syukuran dan doa bersama usai perlintasan sebidang itu dibuka kembali.

Ketua RW 01 Kelurahan Ratujaya, Jaelani, membenarkan soal syukuran itu. Menurut Jaelani, syukuran itu digelar sebagai bentuk selamatan agar terhindar dari marabahaya usai dibukanya lagi perlintasan Rawageni.

"Betul (ada syukuran), karena satu mungkin yang namanya tempat itu (lintasan) nggak tahu ya, sebagai orang Islam itu harus percaya dengan yang gaib ya gitu. Jadi dengan dasar itulah kita acara selametan untuk tidak terjadi apa-apa lagi di lintasan itu," ucap Jaelani ketika dihubungi detikcom, Sabtu (25/6/2022).

"Bukan syukuran bahagia, girang konotasi euforia bukan ya. Jadi anggaplah itu acara syukuran, mungkin kulo nuwun kalau kata orang Jawa mah," sambungnya.

Jaelani menjelaskan selamatan itu digelar dengan doa bersama warga dan sesepuh. Warga juga mendoakan para leluhur saat acara tersebut.

"Cuma baca doa doang, kirim Al-Fatihah kepada leluhur, sesepuh kampung sayalah gitu. Nggak ada acara gimana-gimana, ngirim Al-Fatihah aja sama ngirimin ahli kubur untuk para pendahulu kita gitu," tuturnya.

Dalam video viral terlihat sejumlah warga berkumpul duduk beralaskan karpet warna biru di jalan perkampungan yang berdekatan dengan perlintasan kereta. Ada sebuah tenda putih memayungi para warga yang menggelar selamatan tersebut.


Perlintasan Rawageni Dibuka Lagi oleh Warga

Sebelumnya perlintasan sebidang kereta api di Rawageni, Kecamatan Cipayung, Kota Depok, dibuka lagi oleh warga. Perlintasan tersebut sempat ditutup usai ada mobil tertabrak KRL.

Pantauan detikcom di lokasi pukul 10.30 WIB, Selasa (21/6/2022), perlintasan sebidang tersebut telah dilalui kendaraan roda dua dan roda empat. Truk pengangkut sampah juga tampak melintas di perlintasan sebidang Rawageni.

Ada tiga orang di perlintasan yang menjaga di palang pintu. Masing-masing berjaga di pintu Jalan Citayam dan Jalan Rawageni.

Terlihat penutupan perlintasan dilakukan secara manual dengan tali. Tiang-tiang di depan perlintasan yang sebelumnya terpasang kini sudah dibuka oleh warga sekitar.

Salah satu warga yang menjaga pelintasan sebidang, Doni (42), mengatakan perlintasan sebidang itu dibuka sejak pukul 14.00 WIB, Senin (20/6). Lintasan sebidang itu dibuka berdasarkan kesepakatan warga.

"Dibuka kemarin, kesepakatan dari masyarakat satu kelurahan, di sini lima RW. RW 01, 09, 02, 08, 07," ujar Doni.

Baca di halaman selanjutnya: KAI rapat dengan DJKA soal perlintasan Rawageni.

Simak juga 'Kisah Pendiri Institut Musisi Jalanan 'Memberontak' dan Cegat Presiden':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT