ADVERTISEMENT

Wagub DKI: Tak Pernah Ada Larangan Beri Makan Kucing Liar

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Sabtu, 25 Jun 2022 06:15 WIB
Wagub DKI Ahmad Riza Patria
Wagub DKI Ahmad Riza Patria (Foto: Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria angkat bicara mengenai larangan memberi makanan kepada kucing liar di Jakarta Barat yang viral. Riza menegaskan pemerintah tidak pernah melarang warganya memberi makan kucing liar.

"Pemerintah tidak pernah melarang setiap warga memberi makan pada kucing liar atau memerintahkan, itu kan hak setiap warga, masa nggak boleh?" kata Riza saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Jumat (24/6/2022) malam.

Riza memandang tindakan memberi makan kepada kucing liar merupakan bentuk kasih sayang kepada sesama makhluk hidup. Karena itu, dia lantas mempersilahkan warganya untuk memberikan makanan kepada hewan-hewan liar yang hidup di jalanan.

"Itu kan makhluk tuhan yang juga perlu kita jaga. Kalau ada yang memberi makan silahkan, mau kucing liar, ayam liar itu hak warga dan kami pemerintah tidak pernah melarang dan juga memerintahkan. Itu hak masing-masing," tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, Kelurahan Kedoya Utara menggelar mediasi dengan RW 03 Kompleks Green Garden, Jakarta Barat, terkait surat edaran (SE) larangan memberi makan kucing liar. Staf Kesekretariatan RW 03 Afud menjelaskan sejumlah alasan membuat edaran itu.

"Keluhan dari pada warga itu melalui SMS grup RT/RW, jadi karena sering mungkin Pak RW, sering dapat laporan warga-warga itu, timbullah RW membuat surat, tujuannya untuk membuat intern warga kita," kata Afud saat mediasi di kantor Kelurahan Kedoya Utara, Kebon Jeruk, Jakbar, Jumat (24/6/2022).

Mediasi itu dihadiri oleh Kasi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Jakarta Barat Kurniatun, Wakil Camat Kebon Jeruk Taufik, Lurah Kedoya Utara Tubagus Masarul Iman, hingga komunitas pecinta kucing.

Kepada para hadirin, Afud mengatakan, di lingkungan tersebut ada warga yang selalu memberi makan buat kucing. Namun, menurutnya, warga itu tidak memperhatikan kebersihan.

"Memang ada dua warga yang sering memberi makan kucing, misalnya di rumah kosong, terus ditaruh begitu aja, kemudian kadang-kadang di taman, permasalahan sebenarnya, Pak RW mengakui bukan masalah memberi makan kucingnya, efek setelah memberi makan kucing itu," katanya.

Lihat juga video 'Anak Kucing Diadu Dengan Ular di Jakbar, Pelaku Ngaku Salah':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/eva)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT