ADVERTISEMENT

Pemprov DKI Beri Kelonggaran Urus KTP Usai 22 Nama Jalan Diubah

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Sabtu, 25 Jun 2022 04:14 WIB
Ilustrasi e-KTP
Ilustrasi KTP (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta memberi kelonggaran waktu untuk warga mengurus data kependudukan baru usai perubahan 22 nama jalan. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria juga memerintahkan jajarannya segera melakukan pengadaan blangko KTP.

"Tidak mungkin serta merta langsung di ubah, ada waktu (dan) proses yang dilalui. Kami juga sudah memerintahkan jajaran menyediakan blanko dan dipastikan gratis," kata Riza saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (24/6/2022) malam.

Riza mengatakan warga tak perlu tergesa-gesa menyesuaikan data kependudukan dengan alamat baru. Sedangkan bagi warga yang baru membuat KTP, alamat rumah bakal disesuaikan dengan nama jalan yang sudah diubah.

"Dokumen itu yang perlu diubah itu dalam prosesnya itu tidak serta merta harus hari ini diubah, sambil berjalannya waktu. Umpamanya KTP yang baru masuk (umur) 17, tentu pakai alamat yang baru, 17 tahun KTP tentu pakai alamat yang baru," terangnya.

Terakhir, Riza memastikan proses perubahan nama jalan sudah melalui proses yang panjang. Semua itu, kata dia, dilakukan demi menghormati tokoh-tokoh Betawi.

"Kita harus menghargai, menghargai dan memberi tempat kepada tokoh-tokoh Betawi yang selama ini mempunyai jasa besar bagi Jakarta," imbuhnya.

"Bagi masyarakat yang memiliki pendapat lain tentu kami hargai, tidak ada keputusan yang diambil bisa memuaskan semua pihak, yang pasti tidak menyusahkan dan jangan dianggap ini merepotkan," sambungnya.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengganti 22 nama jalan dengan memakai nama-nama tokoh Betawi. Warga jalan yang namanya diubah bisa mengurus KTP baru ke kelurahan.

Simak selengkapnya di halaman berikut

Saksikan Video 'Sejumlah Nama Jalan di Jakarta Diubah, Anies Pastikan Tak Bebani Warga':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT