ADVERTISEMENT

Tinjau Lokasi Banjir Bandang Bogor, Risma Beri Santunan untuk Korban

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Jumat, 24 Jun 2022 22:11 WIB
Mensos Risma cek lokasi banjir bandang di Bogor (Rizky-detikcom)
Foto: Mensos Risma cek lokasi banjir bandang di Bogor (Rizky-detikcom)
Bogor -

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengunjungi lokasi banjir bandang dan tanah longsor di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Dia menyerahkan santunan kepada korban.

Pantauan detikcom di lokasi, Risma terlihat berdialog dengan warga. Dia juga mengecek kondisi dapur umum.

"BPBD dengan kami dan Dinas Sosial nanti evaluasi seluruhnya. Jadi nanti kita akan komunikasi dengan Badan Geologi yang di bawah Kementerian ESDM maupun BMKG supaya kita dapat melihat kondisinya seperti apa di kawasan ini," kata Risma di Desa Cibunian, Jumat (24/6/2022).

Risma juga mengatakan ada tim psikolog yang akan mendampingi korban bencana. Dia mengatakan saat ini pihaknya fokus pada pertolongan pertama terhadap korban.

"Sekarang kan untuk pertolongan pertama dulu gitu kita nyiapkan supaya mereka nanti juga ada pendampingan untuk pengembalian psikologisnya. Setelah itu baru kita lakukan pendataan. Ini kan juga masih ada pencarian korban oleh SAR dan sebagainya," ucapnya.

Bencana banjir bandang dan tanah longsor terjadi di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Banjir dan tanah longsor diakibatkan tingginya intensitas hujan dan meluapnya aliran sungai di desa tersebut.

"Dikarenakan hujan dengan intensitas tinggi serta meluapnya aliran sungai dan anak kali sungai di Desa Cibunian mengakibatkan terjadinya banjir dan tanah longsor di beberapa wilayah," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Aris Nurjatmiko, dalam keterangannya, Kamis (23/6).

Peristiwa itu terjadi pada Rabu (22/6) pukul 19.00 WIB. Pada pukul 20.00 WIB, petugas BPBD menerima laporan dan langsung menuju lokasi bencana.

Sejumlah wilayah di Desa Cibunian terkena dampak bencana tersebut. Di antaranya Kampung Pondok Gombong, Kampung Muara, Kampung Cimanggu, Kampung Bandara Jaya, Kampung Bajakan, dan Kampung Rawa. Banjir dan tanah longsor tersebut mengakibatkan enam rumah warga rusak berat.

"Diperkirakan kerusakan hasil kaji cepat enam unit rumah rusak berat," jelas Aris.

Lihat juga video 'Tanggul Penghambat Banjir Lahar Gunung Semeru Sepanjang 50 M Ambrol':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT