Pentas Seni Budaya 'Nusantara Gemilang' Bakal Meriahkan HUT Bhayangkara

ADVERTISEMENT

Pentas Seni Budaya 'Nusantara Gemilang' Bakal Meriahkan HUT Bhayangkara

Mei Amelia R - detikNews
Jumat, 24 Jun 2022 09:25 WIB
Peserta pentas seni dan budaya Nusantara Gemilang berlatih untuk tampil di HUT ke-76 Bhayangkara.
Peserta pentas seni dan budaya 'Nusantara Gemilang' berlatih untuk tampil di HUT ke-76 Bhayangkara. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Polri memperingati Hari Bhayangkara ke-76 pada 1 Juli 2022 mendatang. Pentas seni dan budaya 'Nusantara Gemilang' akan memeriahkan peringatan HUT Bhayangkara tersebut.

Ketua Panitia, Brigjen Roma Hutajulu, mengatakan Nusantara Gemilang adalah festival seni dan budaya dari berbagai daerah. Para peserta yang terlibat pun dari berbagai daerah di Tanah Air.

"Ada 14 provinsi dari 34 yang terpilih," kata Roma dalam keterangan kepada wartawan, Jumat (24/6/2022).

14 tim ini merupakan hasil seleksi dari penilaian tim juri di daerah hingga lewat video yang dikirimkan. Menurut Roma, event ini bertujuan untuk menumbuhkan nasionalisme kebangsaan, mengedukasi menjadi pemuda pemudi yang menjadi harapan bangsa.

"Mereka juga diedukasi untuk menangkal berita hoaks dan mencegah penyebaran ujaran kebencian," ujar Roma.

Persiapan Matang Peserta

Berbagai persiapan dilakukan oleh para peserta dan seniman yang akan pentas pada HUT Bhayangkara nanti. Pengarah dan pelatih peserta event seni dan budaya 'Nusantara Gemilang', Denny Malik. menyebut para peserta mempelajari berbagai macam hal, di antaranya tentang ke-Indonesia-an, nasionalisme dan mencintai karya seni tanah air untuk tampil kreatif.

"Mereka harus mengeksplore tarian daerah secara menarik dan modern," kata Denny di Jakarta Pusat, Kamis (23/6/2022).

Denny yang juga seorang koreografer dan aktor ini sudah memberikan pelatihan terhadap mereka. Seperti stage management, event organizer, etika, persiapan di-backstage dan public speaking.

"Mereka sangat antusias ya. Karena banyak yang belum pernah mereka dapatkan sebelumnya," ujar Denny.

Denny berharap, mereka mampu menerapkan dan berbagi soal pelajaran yang didapat untuk orang - orang di sekitar mereka.

"Mereka tak hanya menjadi penampil saja tapi bisa berbagi hasil yang didapat selama berlatih disini," harap Denny.

Baca selanjutnya: tanggapan peserta festival seni dan budaya.

Simak juga 'Cegah Polarisasi Jelang Pemilu 2024, Polri Bentuk Satgas Nusantara':

[Gambas:Video 20detik]



Ragam Tanggapan Peserta

Salah satu peserta asal Sulawesi Selatan, Fanny Syam, memuji kegiatan pentas seni dan budaya dalam rangka HUT Bhayangkara ini. Fanny mengaku mendapatkan banyak pelajaran selama mengikuti 'Nusantara Gemilang'.

"Kami berlatih sangat cepat. Kesannya sangat luar biasa. Meski menguras energi ada manfaat yang kami dapatkan," kata Fanny.

Peserta lainnya asal Gorontalo, Novita Fakdawer akan tampil membawakan tarian Saronde.

"Kami akan mencampurkan ragam khas dari daerah lain. Persiapan dua minggu. Ini kegiatan bermanfaat karena mempersatukan kami," ujar Novita yang berdarah Papua ini.

Miranda Sinaga, peserta dari Sumatera Utara mengaku senang bisa mengikuti acara Nusantara Gemilang. Ia banyak belajar keberagaman bangsa Indonesia dari sini dan membuatnya bangga.

"Kami belajar banyak soal nasionalisme dan persatuan. Tentu makin bangga karena kita bisa bertemu dengan teman-teman baru dari berbagai macam suku," ujar dia.

Perwakilan dari Jawa Tengah, Farhan pun mengapresiasi langkah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang mengadakan kegiatan seni dan budaya seperti Nusantara Gemilang ini. Ia berharap kegiatan seperti ini berlangsung terus menerus untuk mempersatukan pemuda pemudi Tanah Air.

"Kami harap agar acara ini bisa berlangsung secara kontinu. Karena bisa mempersatukan pemuda pemudi dari berbagai penjuru Indonesia dalam bingkai NKRI," harap Farhan.

(mei/fjp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT