ADVERTISEMENT

Damkar Bogor: Buaya di Sungai Cisadane Diduga Dibuang, Mulutnya Dilakban

Muchamad Sholihin - detikNews
Kamis, 23 Jun 2022 13:18 WIB
Proses pencarian buaya di Sungai Cisadane (Sholihin-detikcom)
Proses pencarian buaya di Sungai Cisadane (Sholihin/detikcom)
Bogor -

Warga di Kelurahan Rangga Mekar, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat, dihebohkan oleh penampakan buaya di Sungai Cisadane. Petugas menyebut buaya tersebut terikat lakban dan diduga sengaja dibuang pemeliharanya.

"Kalau jenisnya terlihat dari warna itu ya buaya muara, dugaannya ini buaya peliharaan, kemudian sengaja dibuang ke sungai. Awal penampakan warga bilang mulut buayanya dilakban warna hitam," kata Kabid Penyelamatan dan Pemadaman Damkar Kota Bogor M Ade Nugraha saat ditemui di lokasi pencarian buaya, Kamis (23/6/2022).

"Ya kita duga sih dibuangnya dari atas jembatan itu. Buaya bisa mati, karena kan mulutnya dilakban, dia akan susah makan," tambahnya.

Buaya yang menghebohkan warga sekitar itu pertama kali terlihat warga pada Rabu (22/6) siang. Penampakan buaya itu kemudian dilaporkan ke pihak Damkar pada malam harinya.

"Kalau dilaporkanya semalam, habis Magrib. Tadi malam juga ada pemantauan oleh BPBD, tapi tidak muncul," kata Ade.

"Buaya terakhir terlihat di sini, tadi pagi sekitar pukul 06.00 WIB. Makanya penyisiran difokuskan di sekitar sini. Penyisiran di area sekitar 30 meter," tambahnya.

Hingga siang ini, petugas gabungan Damkar dan BPBD Kota Bogor masih melakukan penyisiran dan pemantauan untuk mengevakuasi buaya tersebut. Pencarian dilakukan di lokasi terakhir penampakan buaya di bawah Jembatan Pamoyanan, Kelurahan Ranggamekar, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Untuk memancing buaya keluar dari air, petugas memasang umpan berupa tiga ekor ayam mati yang digantung di bawah Jembatan Pamoyanan. Hingga siang ini, masih banyak warga yang berkumpul di jembatan untuk melihat langsung proses pencarian buaya oleh petugas Damkar dan BPBD Kota Bogor.

Lihat juga video 'Buaya 'Legendaris' Berkalung Ban di Palu Sulteng Akhirnya Ditangkap!':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/isa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT