ADVERTISEMENT

Damkar dan BPBD Bogor Pancing Buaya yang Dilaporkan Muncul di Cisadane

M Sholihin - detikNews
Kamis, 23 Jun 2022 12:46 WIB
Proses pencarian buaya di Sungai Cisadane (Sholihin-detikcom)
Proses pencarian buaya di Sungai Cisadane (Sholihin/detikcom)
Bogor -

Warga di sekitar Kelurahan Ranggamekar, Kota Bogor, mengaku melihat buaya di aliran Sungai Cisadane. Tim gabungan Damkar dan BPBD Kota Bogor turun tangan mencari buaya itu.

"Damkar bersama BPBD Kota Bogor dan relawan masih mencari keberadaan buaya itu. Awal terlihat penampakan buaya itu kemarin. Kemudian, tadi malam ada yang lapor ke kita. Kemudian dibentuk tim dan mulai pencarian pagi tadi," kata Kabid Penyelamatan dan Pemadaman Damkar Kota Bogor Muhamad Ade Nugraha di lokasi pencarian buaya, Kamis (23/6/2022).

Ade menyebut buaya itu terlihat warga pagi tadi pukul 06.00 WIB. Buaya itu terlihat persis di bawah Jembatan Pamoyanan.

"Buayanya terakhir terlihat di sini, tadi pagi jam 06.00 WIB. Ada warga yang lihat tadi pagi," kata Ade.

Sejumlah anggota Damkar dan BPBD Kota Bogor tampak melakukan penyisiran di aliran Sungai Cisadane, tepatnya di bawah Jembatan Pamoyanan yang menghubungkan Kelurahan Cipaku dan Ranggamekar.

Pencarian dilakukan dengan cara turun ke sungai dan menyisir di beberapa titik yang menjadi lokasi terakhir penampakan buaya. Warga juga tampak ikut serta turun ke sungai mencari keberadaan buaya.

Petugas tampak mengikat daging ayam sebagai umpan. Petugas berharap buaya terpancing dan menampakkan diri agar bisa dievakuasi.

"Kita juga pasang umpan pakai ayam, itu tiga ekor kita ikat. Ya harapannya buaya itu keluar, jadi bisa dipastikan buayanya masih di sekitar sini atau nggak," kata Ade.

"Kita juga ada penyisiran ke titik-titik tertentu. Penyisiran di area kurang lebih seluas 30 meter," tambahnya.

Warga juga terlihat memadati Jembatan Pamoyanan. Warga mengaku penasaran akan proses pencarian buaya.

"Penasaran saja, ingin lihat, katanya tadi pagi muncul lagi," kata pengendara motor bernama Sudarno.

Sebelumnya, seekor buaya terlihat di salah satu aliran Sungai Cisadane, Kota Bogor. Lokasinya berada di sekitar Jembatan Pamoyanan.

Staf Informasi Tagana Kota Bogor, Sumardi, mengatakan warga mengaku melihat ada buaya di sana. Warga kemudian melaporkan hal tersebut ke pihaknya.

"Laporan warga dengan penemuan seekor buaya di Jembatan Pamoyanan tadi sore," kata Sumardi melalui keterangannya, Rabu (22/6).

Simak video 'Detik-detik Bocah 12 Tahun Diseret Buaya Ukuran 4 Meter dan Selamat':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT