ADVERTISEMENT

Jokowi Dukung Ganjar atau Puan?

Gibran Maulana - detikNews
Kamis, 23 Jun 2022 12:19 WIB
Presiden Joko Widodo menghadiri Rakernas II PDIP di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan. Jokowi juga sempat foto bersama kader PDIP yang hadir lokasi Rakernas.
Presiden Jokowi di Rakernas II PDIP (Grandyos Zafna/detikcom).
Jakarta -

Nama Ketua DPR RI Puan Maharani dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo merupakan dua kader PDIP yang digadang-gadang maju Pilpres 2024. Di tengah hangatnya dinamika menjelang Pilpres 2024 di lingkup internal PDIP, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjukkan keakrabannya dengan Puan maupun Ganjar. Jokowi mendukung siapa?

Dalam catatan pemberitaan detikcom yang dirangkum Kamis (23/6/2022), Jokowi pernah dianggap memberi endorse atau dukungan kepada Ganjar Pranowo. Ini terjadi di momen Rakernas V Relawan Pro Jokowi atau Projo di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Jokowi memberikan pesan-pesan politis kepada relawannya dalam kesempatan tersebut. Ganjar hadir dalam acara ini.

Jokowi mulanya menjabarkan tantangannya memimpin di era pandemi COVID-19 dan dampak perang Rusia-Ukraina yang dirasakan negara-negara lain. Jokowi juga mengungkapkan upaya pemerintah menstabilkan harga-harga seperti bahan bakar, bahan pangan, hingga listrik yang membebani APBN, dan meminta relawan tidak terburu-buru meminta arahan 2024.

"Semuanya sulit dihitung karena ketidakpastian global terus-menerus terjadi, sehingga yang ketiga, yang berkaitan dengan politik, karena kita harus fokus dan bekerja menyelesaikan persoalan itu tadi, urusan politik ojo kesusu sik, jangan tergesa-gesa," kata Jokowi.

Jokowi meminta para relawannya bersabar menunggu keputusan siapa yang akan dia pilih sebagai capres meski 'ada di sini'.

"Meskipun mungkin yang kita dukung ada di sini, sudah dibilang jangan tergesa-gesa, ojo kesusu. Ini mau tergesa-gesa kelihatannya. Sekali lagi persoalan-persoalan ini harus diselesaikan dulu, baru kita masuk ke yang namanya keputusan yang saya akan dengar dari Bapak-Ibu semuanya, saya akan ajak bicara. Sekali lagi, jangan tergesa-gesa," ujar Jokowi yang disambut riuh relawan Projo.

Ucapan Jokowi ini dipersepsikan sebagai dukungan untuk Ganjar. Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi mengaku kaget terkait pernyataan Jokowi yang mengatakan 'Meskipun, mungkin orang yang kita dukung ada di sini'. Menurutnya kalimat itulah yang membuat heboh, karena ada kecenderungan Jokowi mendukung Ganjar Pranowo untuk maju pada Pemilu 2024.

"Terus terang kita juga kaget dengan statement Pak Jokowi. Tapi menurut saya itu sah-sah saja. Kita kan nggak bisa berspekulasi, harus tanya ke Pak Jokowi langsung," katanya.

Endorse Puan?

Dalam kunjungannya ke IKN Nusantara, Kalimantan Timur, Presiden Jokowi didampingi Puan Maharani. Jokowi tidak masalah jika langkahnya ini dianggap sebagai dukungan kepada Puan Maharani.

"Itu terserah persepsi masing-masing, kalau saya dianggap memberikan dukungan untuk Mbak Puan, ya silakan (berpersepsi begitu)," kata Jokowi saat berbincang di sela-sela kegiatan meninjau Persemaian Mentawir di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), Rabu (22/6/2022). Dalam kunjungan ke IKN kali ini, Presiden Jokowi juga mengajak sejumlah pemimpin media nasional.

Puan atau Ganjar? Simak jawaban Jokowi di halaman selanjutnya.

Simak juga '5 Momen yang Menarik Perhatian di Rakernas II PDI Perjuangan':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT