ADVERTISEMENT

Dipuji NasDem Hebat, PDIP Singgung Kadernya 'Dipakai'

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 23 Jun 2022 09:00 WIB
Ketua Bidang Industri, Ketenagakerjaa dan Jaminan Sosial DPP PDIP Nusyirwan Soejono.
Nusyirwan Soejono. (Dok. pdiperjuangan.id)
Jakarta -

NasDem memuji PDIP hebat karena memiliki banyak stok kader andal. PDIP berterima kasih atas pujian tersebut.

"Ya tentu yang pertama terima kasih juga," kata Ketua DPP PDIP Nusyirwan Seodjono, di Sela Rakernas II, di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (23/6/2022).

Nusyirwan mengatakan memang sudah menjadi tugas partai politik untuk mencetak kader andal. PDIP, menurutnya, sudah melakukan hal itu sehingga tidak aneh jika PDIP punya banyak stok kader di daerah.

"Ini kan juga seharusnya dilakukan pula oleh partai politik lain, karena partai politik lain itu kan juga memiliki tanggung jawab, karena fungsinya tuh sama, partai politik di mana pun itu kewajibannya mencetak kader menjadi pemimpin, itu tugasnya partai di mana pun. Baik pemimpin di tingkat nasional, di tingkat daerah, mau jadi apa saja itu tugas parpol," ujarnya.

"Dan PDIP sudah melakukan itu, sehingga tidak terlalu aneh kalau di daerah-daerah kita selalu ada stok kader yang cukup, risikonya bahwa bisa saja suatu ketika belum bisa menang, ya namanya maju dalam event demokrasi," lanjut Nusyirwan.

Nusyirwan mengatakan apa yang dilakukan PDIP terbukti membuahkan hasil. Dia lantas menyinggung ada pihak yang ingin 'memakai' kadernya.

"Itu biar rakyat menilai sendiri, jadi yang jelas bahwa PDIP memiliki mekanisme, memiliki aturan, memiliki mekanisme yang diputuskan dalam konstitusi partai, kan memang konstitusi kita menyebutkan demikian. Kalau yang lain mengakui bahwa kita memiliki kader (hebat), buktinya itu tadi dipakai sama yang lain, saya tidak menyebutkan partai apa, tapi sudah terbuktikan bahwa itu pihak lain pun mengakui hal tersebut," tuturnya.

Sebelumnya, Ketua DPP NasDem Willy Aditya menyebut PDI Perjuangan (PDIP) memiliki stok kader yang banyak dan andal. Untuk diketahui, salah satu kader PDIP, yakni Ganjar Pranowo, menjadi satu dari tiga bakal calon presiden hasil rakernas NasDem.

"Yang kita apresiasi itu adalah mereka sebagai warga negara berprestasi, putra bangsa yang memiliki keistimewaan. Tentu kalau PDIP memiliki stok kader yang cukup banyak dan andal, tentu itu kehebatan PDIP, sehingga kami memberikan apresiasi," kata Willy kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (21/6/2022).

Willy mengatakan dukungan partainya terhadap kader PDIP di kontestasi pilpres bukanlah yang pertama kali. Dia mengungkit pencalonan terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang turut didukung NasDem pada Pilpres 2014 dan 2019.

"Terkait dukungan Partai NasDem terhadap Ganjar Pranowo seperti kader PDIP tentu ini bukan hal baru. Kita bisa berkaca di 2014 NasDem juga usung Pak Jokowi yang notabene kader partai, yaitu PDIP juga," ujarnya.

Simak Video 'Respons Ganjar Pranowo Terkait Elektabilitasnya yang Tinggi':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/yld)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT