ADVERTISEMENT

Aksi Heroik Prajurit TNI Selamatkan Balita Perempuan Terkunci dalam Mobil

Jabbar Ramdhani - detikNews
Kamis, 23 Jun 2022 08:05 WIB
Screenshot Video Viral.
Foto: Screenshot Video Viral.
Jakarta -

Video yang menunjukkan seorang anggota TNI menyelamatkan anak di bawah tiga tahun (balita) perempuan dari dalam mobil viral di media sosial (medsos). Balita perempuan itu disebut terkunci sendirian di dalam mobil.

Dalam video yang beredar, prajurit TNI tersebut bergerak cepat memecahkan kaca mobil di saat banyak orang masih berkerubung panik. Prajurit TNI itu memecahkan kaca mobil menggunakan siku tangannya.

Setelah itu, dia menggendong keluar balita perempuan dari dalam mobil dan menenangkannya. Video tersebut ramai dibagikan di medsos. Warganet juga mengapresiasi gerak cepat prajurit TNI tersebut saat menyelamatkan balita dari dalam mobil.

Fakta Viral Heroik TNI Selamatkan Balita

Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen TNI Tatang Subarna mengatakan peristiwa tersebut terjadi di Timika Provinsi Papua pada Selasa (21/6).

Tatang menyampaikan prajurit TNI AD tersebut bernama Praka Purna Irawan Setyabudi dan berasal dari satuan Brigif Raider 20/IJK/3 Kostrad. Praka Purna saat itu berupaya menolong buah hatinya yang berusia 2 tahun karena terkunci di dalam mobil.

"Saat sang istri turun dari mobil untuk berbelanja di Pasar Timika pada Selasa (21/6/2022) sekitar pukul 10.00 WIT, sang putri yang masih balita memainkan kunci mobilnya sehingga otomatis terkunci," kata Tatang dalam keterangannya, Kamis (23/6/2022).

Sang istri, lanjutnya, lalu menghubungi Praka Purna. Batita yang terkunci di dalam mobil tersebut akhirnya dapat diselamatkan.

"Karena lama terkunci hampir 1 jam, sang istri menghubungi sang suami (Praka Purna) untuk minta pertolongan. Beruntung sang suami datang dan langsung menyelamatkan buah hatinya dengan memecahkan kaca kendaraan miliknya," tambahnya.

Kadispenad atas nama Keluarga Besar TNI AD menyampaikan permohonan maaf atas beredarnya video tersebut. Dia mengatakan video itu beredar dan viral bukan atas kesengajaan dari pihak yang bersangkutan.

Meski demikian, Kadispenad mengapresiasi sikap tanggap Praka Purna Irawan Setyabudi yang mengambil keputusan cepat dalam situasi yang kritis untuk selamatkan buah hatinya dengan cara memecahkan kaca kendaraan miliknya.

"Hal ini wajar dan bisa menimpa siapapun, kapanpun dan dimanapun. Alhamdulillah sang buah hati bisa diselamatkan oleh ayahnya," kata Tatang.

"Tugas negara adalah paling utama, namun keluarga lebih utama," ucapnya.

Simak juga 'Helikopter Mendarat Darurat di Timika,1 Balita Terlempar Masih Hilang':

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT