ADVERTISEMENT

Aksi Heroik Pemuda di Cipete Tabrakkan Diri ke Motor demi Gagalkan Maling

Karin Nur Secha - detikNews
Rabu, 22 Jun 2022 19:04 WIB
Lokasi pemuda di Cipete tabrakkan diri ke motor demi gagalkan maling
Lokasi pemuda di Cipete menabrakkan diri ke motor demi menggagalkan maling. (Karin/detik)
Jakarta -

Seorang warga Cipete, Jakarta Selatan, Taufiq, berhasil menggagalkan komplotan pencurian motor. Pelaku melarikan diri dengan meninggalkan motor yang dinaikinya di lokasi kejadian.

Peristiwa ini terjadi di Jl Sawo III, Cipete Utara, Cipete, Jakarta Selatan, Rabu (22/6/2022) dini hari. Dari video CCTV yang beredar di media sosial, terlihat dua orang melakukan pencurian motor.

Tak lama ketika mereka beraksi, seorang warga mengejar dan menabrakkan diri ke pelaku. Setelah itu, motor dan komplotan pencuri langsung terjatuh.

Ditemui di lokasi, korban sekaligus Ketua RT 09 RW 07 Cipete Utara, Ahmad Fanani, mengatakan peristiwa tersebut terjadi pada Rabu (22/6), sekitar pukul 03.00 WIB. Saat itu dia belum tidur, kemudian melihat kedatangan pelaku yang mondar-mandir di depan rumahnya.

Kemudian dia memberi sedikit entakan dengan menggoyangkan gerbang rumahnya. Tidak berselang lama, kedua maling itu langsung menjauh dari lokasi.

Setelah itu, dia membangunkan anaknya bernama Taufiq dan memberi tahu kalau motor Yamaha N-Max miliknya sudah diincar. Tidak hanya itu, Fanani juga yakin kalau dua maling itu akan kembali dan berupaya melakukan pencurian.

"Terus aku bangunin anakku, 'tuh motor kamu sudah diincer lagi'. Terus aku punya firasat, jangan-jangan ini orang balik lagi," kata Fanani kepada wartawan, Rabu (22/6/2022).

Benar saja, berselang sekitar 15 menit kemudian, kedua maling itu kembali datang. Gerak-gerik mereka terekam pengawas CCTV yang berada di sekitar lokasi yang mendekat ke rumah Fanani.

"Benar kan, 15 menit kemudian dia datang lagi. Dia mulai jalan ke sana-ke sini dan dari CCTV, dia sudah mulai jalan dari sana (ujung gang)," jelas dia.

Fanani mengaku turut membawa pentungan untuk menggagalkan aksi pencurian tersebut. Sementara anaknya, Taufiq, menabrakkan diri sehingga membikin pelaku terjatuh.

"Langsung saya hantam pakai pentungan, terus dia (maling) langsung naik motor dan (pelaku) diteriakin sama warga," ucap Fanani.

Kedua maling, kata Fanani, langsung melarikan diri dan meninggalkan sepeda motor jenis Honda Beat yang mereka bawa. Tidak sampai situ, Fanani dan Taufiq terus mengejar, tetapi kedua maling itu berhasil melarikan diri.

"Pas sudah jatuh, motor ditinggal, dia langsung pergi. Saya teriakin 'maling, maling, maling'. Akhirnya tidak terkejar, masyarakat baru pada keluar," ungkap Fanani.

Akhirnya, Fanani membawa motor Honda Beat milik pelaku ke kantor Kelurahan Cipete Utara. Selanjutnya, motor tersebut dibawa ke Polres Metro Jakarta Selatan untuk diserahkan ke pihak kepolisian.

"Saya serahkan ke kelurahan. Paginya ketemu Binmas akhirnya dibawa, sudah saya serahkan semua. Dan motor pelaku kelihatannya memang motor curian juga soalnya sudah dol gitu," ucapnya.

Lihat juga Video: Ketahuan Curi Cabai, Bowo Tewas Disabet Celurit

[Gambas:Video 20detik]



(dek/mei)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT