ADVERTISEMENT

Maling Motor Bersenjata Pistol Mainan di Bekasi Diciduk Usai 23 Kali Aksi

Fakhri Fadlurrohman - detikNews
Rabu, 22 Jun 2022 15:31 WIB
Polisi tangkap dua pelaku ranmor di Bekasi bawa pistol mainan
Polisi menangkap dua pelaku ranmor di Bekasi yang membawa pistol mainan. (Fakhri/detikcom)
Jakarta -

Polres Metro Bekasi menangkap dua pelaku pencurian motor (ranmor) berinisial AS (36) dan A (16). Keduanya ditangkap setelah menjalankan aksinya di 23 TKP sejak 2021.

"Kami melakukan pengungkapan terhadap dua pelaku, satu atas nama AS atau Koden (36) dan yang kedua atas nama Aril atau A (16) ini sebagai joki. Dan kebetulan salah satunya masih di bawah umur. Jadi tidak kami ekspos secara fisik," tutur Kapolres Metro Bekasi Kombes Gidion Arif kepada wartawan pada Rabu (22/6/2022).

Kedua pelaku sudah melakukan aksinya sebanyak 23 kali di wilayah Kabupaten Bekasi. Para pelaku ini, kata Gidion, merupakan pencuri spesialis motor berjenis matik.

"TKP-nya ada 23, di wilayah Kabupaten Bekasi dan spesial sepeda motor berjenis Beat. Sepeda motor ini, menurut dia, spesifikasinya lebih gampang untuk diambil, dijual, kemudian perpindahannya juga cepat, relatif ringan," tuturnya.

Polisi mengamankan barang bukti dari pelaku berupa kunci T dan senjata api mainan berjenis korek. Menurut Gidion, senjata api mainan tersebut digunakan pelaku untuk membuat resah.

"Barang buktinya rokok, ini senjata api (senpi)-nya mainan korek, korek berbentuk senjata api. Tetapi ini (senpi mainan) kalau dibawa malam hari, kemudian di tongol-tongolkan modelnya di pinggang, pasti menjadi masyarakat resah," ucapnya.

Selain itu, pelaku menjual motor hasil curiannya kepada penadah, yakni Buluk, yang masih dalam pencarian.

"Hasil pencurian kendaraan dijual terhadap penadah Saudara Buluk di daerah Sukakarya. Kemudian dilakukan penggeledahan di rumah pelaku (Buluk), namun pelaku tidak ada di rumah, dan sampai saat ini sedang dilakukan pengejaran terhadap penadah," ungkapnya.

Kedua pelaku terancam hukuman pidana Pasal 363 ayat 1 ke-3e dan 5e KUHP Pidana dengan ancaman hukuman 7 tahun kurungan pidana.

Lihat juga video 'Aksi Kakek di Bekasi Gagalkan Maling Motor, Pelaku Dipukul hingga Jatuh':

[Gambas:Video 20detik]



(dek/dek)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT