ADVERTISEMENT

Brantas Abipraya Raih 4 Penghargaan K3 dari Kemnaker

Hanifa Widyas - detikNews
Rabu, 22 Jun 2022 15:48 WIB
Brantas Abipraya Raih 4 Penghargaan K3
Foto: Brantas Abipraya
Jakarta -

PT Brantas Abipraya (Persero) menjadi satu dari badan usaha atau perusahaan yang meraih penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tahun 2022 dari Kementerian Ketenagakerjaan. Brantas Abipraya meraih penghargaan kategori zero accident juga pencegahan dan penanggulangan COVID-19 (P2 COVID-19).

Penghargaan diberikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi Provinsi DKI Jakarta Drs. Andri Yansyah saat acara Penutupan Bulan K3 Tahun 2022 Provinsi DKI Jakarta.

"Brantas Abipraya selalu memastikan K3 di lingkungan kerjanya, baik kantor pusat maupun proyek-proyek yang tersebar di tanah air. Apalagi saat pandemi COVID-19, lingkungan sekitar Brantas Abipraya harus menjalankan protokol kesehatan COVID-19 dengan ketat, hal ini dilakukan agar produktivitas dan kinerja Perusahaan tetap terjaga," ungkap Senior Manager QHSE Brantas Abipraya Wahyu Herry Sasongko dalam keterangan tertulis, Rabu (22/6/2022).

Wahyu mengatakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terunggul di pembangunan infrastruktur air ini mendapat empat penghargaan, di antaranya penghargaan platinum bagi Kantor Pusat Brantas Abipraya untuk kategori Zero Accident dan kategori P2 COVID-19; perhargaan gold bagi Proyek Rusun Cakung Barat; dan penghargaan gold untuk Proyek Sodetan Museum Bahari.

Hal yang menjadi tolak ukur tingkat kematangan Budaya K3 (Safety Culture Maturity Level) Perusahaan adalah program Indonesia Berbudaya K3 sebagai pondasi utama untuk mencapai kinerja K3 berkelas dunia yang dicanangkan sejak 2015. Terbukti, program tersebut berhasil mendapatkan sederet penghargaan K3.

Diketahui Brantas Abipraya telah mempraktikkan Behavior Based Safety (BBS,) baik di lingkungan kantor maupun proyek pada masa pandemi, dalam penerapan SMK3L. BBS merupakan upaya pencegahan Kecelakaan Kerja dan Penyakit Akibat Kerja yang berfokus pada at Risk Behavior/perilaku berbahaya yang menyebabkan terganggunya proses produksi, salah satunya penyebaran rantai penularan penyakit saat COVID-19.

"Sebagai BUMN konstruksi yang berperan menjadi agen pembangunan, di setiap proyeknya Brantas Abipraya selalu mengutamakan proses produksi, kualitas produk dan SMK3L di tempat kerja, khususnya di lingkungan proyek, untuk mencegah kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja," ujarnya.

"Sehingga (perusahaan dapat) menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman, dan efisien untuk mendorong produktivitas. Semoga dengan adanya penghargaan K3 ini dapat meningkatkan motivasi Insan Abipraya untuk dapat menerapkan K3 lebih baik lagi," pungkas Wahyu.

Sebagai informasi, Brantas Abipraya juga berhasil mengantongi penghargaan WSO Indonesia Safety Culture Award 2022 (WISCA) dari World Safety Organization Indonesia untuk kategori Pengimplementasian Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) berkelas Dunia dengan capaian level empat pada Februari 2022 lalu.

(ncm/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT