ADVERTISEMENT

Hasto: Banyak Kepala Daerah dari Luar Partai Mau Gabung PDIP

Eva Safitri - detikNews
Rabu, 22 Jun 2022 15:40 WIB
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto memberikan keterangan terkait Rakernas PDIP. Rakernas PDIP akan konsepsi dasar Capres-Cawapres 2024.
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (baju merah) (Foto: dok. PDIP)
Jakarta -

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyebut banyak kepala daerah dari luar partainya ingin bergabung menjadi kader PDIP. Namun Hasto tidak menyebut siapa saja kepala daerah yang dia maksud.

Hal itu disampaikan Hasto di sela Rakernas II yang diselenggarakan di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (22/6/2022).

Hasto mengingatkan kader PDIP untuk berdisiplin. Hasto mengatakan disiplinlah yang menjadi syarat utama untuk bergabung ke PDIP.

"Arahan Ibu Ketum bersifat wajib. Sebelum menjadi anggota, bahkan ini banyak kepala daerah dari luar partai yang mau bergabung ke PDIP atas inisiatif sendiri, bukan karena kami takut-takuti. Itu pun kami latih dulu, setelah dilatih kami tanya, apa betul benar mau bergabung ke PDIP," kata Hasto.

"Kami hati-hati dari hal tersebut. Apakah motifnya untuk bergabung ke PDIP. Bagaimana AD/ART, bagaimana pemahaman ideologi kami ajarkan, dan setelah itu akan kami tanyakan pada mereka," lanjut Hasto.

Meski demikian, Hasto mengatakan PDIP tetap punya pertimbangan sendiri sebelum menerima kepala daerah dari partai lain ke PDIP. Dia mengatakan PDIP menghormati partai lain.

"Kalau itu berasal dari partai-partai yang juga memiliki kedekatan, ya kita sarankan kalau ada masalah ya musyawarah lah di partai itu karena PDI Perjuangan itu menghormati partai lain. Kita bukan yang mengambil jalan pintas. Itu yang diharapkan oleh PDIP. Jadi kalau tuntutan suatu disiplin, masa-masa yang sangat menentukan bagi masa depan republik ini merupakan hal yang wajar," ujarnya.

Hasto tidak menjawab siapa kepala daerah yang ingin bergabung. Dia mengatakan pihaknya memprioritaskan menerima mereka yang nonpartai.

"Ya ada yang dari independen, kita lebih prioritas yang dari nonpartai lah. Kalau dari sesama partai koalisi, ya, kita jaga hubungan baik. Kalau ada masalah di internal mbok ya diselesaikan dulu masalah internal, itu PDIP. Bukan malah kemudian justru memperbesar masalah-masalah internal dari partai lain. Karena kami tidak bermaksud dan tidak suka intervensi kedaulatan partai politik," tuturnya.

Simak video 'Dasco Sambut Baik Puan Buka Peluang Koalisi Gerindra-PKB-PDIP':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/haf)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT