ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Menanti Perbaikan Lift-Eskalator Selesai di Stasiun Cakung

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Rabu, 22 Jun 2022 13:24 WIB
Kondisi lift dan eskalator di Stasiun Cakung, Rabu (22/6/2022).
Kondisi Staiun Cakung, Jakarta Timur. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
Jakarta -

Lift dan eskalator di Stasiun Cakung, Jakarta Timur, masih ada yang belum selesai diperbaiki. Dari dua lift dan dua eskalator, terdapat satu lift dan satu eskalator yang masih diperbaiki.

Pantauan detikcom di lokasi, Rabu (22/6/2022), lift yang mati itu ada di lantai dua. Lift tersebut mengarah turun menuju peron 1-2 dengan rute Manggarai.

Di area yang sama, terpasang pula rantai berwarna kuning. Rantai tersebut sebagai penghalang agar penumpang tak menggunakan fasilitas yang rusak.

Kondisi lift dan eskalator di Stasiun Cakung, Rabu (22/6/2022).Kondisi lift dan eskalator di Stasiun Cakung, Rabu (22/6/2022). (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)

Sementara itu, jika diambil dari lantai 1 paron 1-2, eskalator yang rusak itu masih diberi garis berwarna merah. Terlihat pula papan berwarna kuning yang mengimbau kehati-hatian anak kereta (anker).

"Eskalator dalam perbaikan. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan," tulis pengumuman di papan kuning itu sebagaimana detikcom lihat di lokasi, Rabu (22/6/2022).

Tak hanya eskalator, satu lift juga tersisa masih rusak. Lift itu terletak di sebelah kiri dekat tangga menuju lantai dasar, yakni mengarah ke peron 1-2 Manggarai.

Di sini, terpampang pula pemberitahuan perbaikan lift. Ada pula satu orang teknisi yang tampak mengecek keadaan lift.

Kondisi lift dan eskalator di Stasiun Cakung, Rabu (22/6/2022).Kondisi lift dan eskalator di Stasiun Cakung, Rabu (22/6/2022). (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)

"Iya masih dalam perbaikan," ujar teknisi bernama Abdul (33) kepada detikcom, Rabu (22/6/2022).

Dia enggan berkomentar banyak terkait perbaikan lift tersebut. Namun, Abdul mengharapkan kesabaran anker.

"Mohon bersabar dan maaf karena pekerjaannnya jadi terganggu. Sementara masih bisa menggunakan lift dan eskalator yang sudah beroperasi," kata dia.

Penumpang Harapkan Perbaikan

detikcom mewawancarai beberapa penumpang KRL yang turun dan hendak berangkat dari Stasiun Cakung, Jakarta Timur. Wawancara itu dilakukan siang hari di sela kedatangan kereta.

Wafa (22) menuturkan eskalator dan lift rusak menjadi permasalahan umum di kalangan anker. Dia pun tak heran dan sudah kebal akan masalah tersebut.

"Ya ini kan bukan yang pertama kali ya. Udah biasa kan? Jadi ya udah nggak heran sih," katanya kepada detikcom sambil tertawa.

Dia hanya berharap perbaikan eskalator maupun lift dapat segera tuntas. Sebab, fasilitas ini menjadi penting lantaran setiap harinya digunakan oleh penumpang.

"Kalau bisa ya jangan rusak-rusak lagi. Kayak eskalator di mal atau tempat umum lain, awet aja tuh kan meski setiap waktu digunakan oleh banyak orang," tuturnya.

Senada, Indah (22) mengharapkan perbaikan lift dan eskalator di semua stasiun. Wanita asal Cengkareng itu menilai anker kerap repot jika harus naik dan menuruni anak tangga.

"Repot ya kalau tiap hari tiap mau naik kereta harus naik atau turun tangga dulu. Capek. Napas saya juga nggak panjang," ujarnya.

Perbaikan ditargetkan selesai minggu kedua Juli. Simak di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT