ADVERTISEMENT

Bayar Denda Tilang Kini Bisa di Mal Jakarta!

Antara - detikNews
Rabu, 22 Jun 2022 12:48 WIB
Polisi merazia kendaraan bermotor di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Penindakan menyasar pengguna jalan yang tidak memakai helm sampai sabuk pengaman.
Ilustrasi polisi menilang pelanggar lalu lintas (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta meluncurkan 'Tilang Goes to Mall' di Mal Metro Kebayoran, Ulujami, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Program ini memudahkan masyarakat dalam membayar tilang hingga mengambil bukti tilang.

"Tujuan utama program ini adalah untuk lebih memudahkan masyarakat DKI Jakarta dalam pengurusan tilang," kata Kajati DKI Jakarta Reda Manthovani dalam keterangannya di Jakarta seperti dilansir Antara, Rabu (22/6/2022).

'Tilang Goes to Mall' ini diluncurkan pada Senin (20/6). Reda menerangkan pelayanan itu merupakan pelayanan tilang terintegrasi dengan hal serupa di Mal Metro Kebayoran.

Dengan layanan itu, masyarakat yang terkena tilang tidak perlu melakukan pembayaran dan pengambilan barang bukti di kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) yang ada di wilayah hukum DKI Jakarta.

Nantinya, kata dia, pelaku pelanggaran tilang yang terjadi di wilayah hukum Kejati DKI Jakarta dapat membayar dan mengambil barang bukti tilangnya di mal tersebut.

"Dalam rangka mengintegrasikan agar mempermudahkan masyarakat pelaku pelanggar lalu lintas. Sebagai contoh kalau warga Jakbar ditilang di wilayah Jaktim, pengambilan tilang tidak harus di Kejari Jaktim, bisa di mal ini," ucapnya.

Layanan di mal sendiri buka setiap hari, termasuk Sabtu dan Minggu. Di sisi lain, dengan hadirnya pelayanan ini, masyarakat diharapkan dapat lebih mencintai institusi kejaksaan.

"Ini merupakan bukti keseriusan Kejati DKI Jakarta dalam upaya meningkatkan kinerja pelayanan publik, khususnya pelayanan tilang di bidang tindak pidana umum," kata Reda.

Mantan Kajati Banten itu juga menegaskan, pembukaan layanan tilang di Mal Metro Kebayoran merupakan proyek percontohan untuk nantinya dibuka di masing-masing wilayah.

Simak juga 'E-TLE Sukses Tangkap 19 Juta Pelanggar, Sementara Tilang Manual Cuma 1,7 Juta':

[Gambas:Video 20detik]



(mei/fjp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT