ADVERTISEMENT

Ulang Tahun Jakarta Apa Saja yang Gratis? Cek di Sini

Syena Meuthia - detikNews
Rabu, 22 Jun 2022 12:01 WIB
Ulang tahun Jakarta apa saja yang gratis? Dalam rangka HUT Jakarta, Rabu (22/6/2022), Pemprov DKI memberikan promo gratis untuk beberapa fasilitas publik.
Ulang Tahun Jakarta Apa Saja yang Gratis? Cek di Sini (Foto: Instagram @dkijakarta)
Jakarta -

Ulang tahun Jakarta apa saja yang gratis? Dalam rangka ulang tahun Jakarta, Rabu (22/6/2022), Pemprov DKI memberikan promo gratis untuk beberapa fasilitas publik.

Hal tersebut hanya berlaku satu hari pada HUT DKI Jakarta 2022 'Jakarta Hajatan'. Cek informasi lengkapnya di bawah ini.

Ulang Tahun Jakarta Apa Saja yang Gratis? Kunjungan Museum Gratis

Dikutip dari laman Instagram resmi Humas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, ada sejumlah fasilitas dan layanan publik di Jakarta yang digratiskan untuk masyarakat. Hal ini dalam rangka ulang tahun kota Jakarta ke-495, Rabu (22/6/2022).

Salah satu yang gratis saat ulang tahun Jakarta adalah tiket masuk ke beberapa museum yang dikelola oleh Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta. Museum-museum tersebut antara lain:

  1. Museum Sejarah Jakarta
  2. Museum Joang 45
  3. Museum Prasasti
  4. Museum MH Thamrin
  5. Museum Tekstil
  6. Museum Seni Rupa dan Keramik
  7. Museum Wayang
  8. Museum Bahari
  9. Taman Arkeologi Onrust
  10. Rumah Si Pitung
  11. Museum Betawi Setu Babakan
Ulang tahun Jakarta apa saja yang gratis? Dalam rangka HUT Jakarta, Rabu (22/6/2022), Pemprov DKI memberikan promo gratis untuk beberapa fasilitas publik.Ulang tahun Jakarta apa saja yang gratis? Salah satunya naik TransJakarta. (Foto: Instagram @pt_transjakarta)

Ulang Tahun Jakarta Apa Saja yang Gratis? Layanan Transportasi Publik Gratis

Dilansir dari Instagram resmi Humas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, sejumlah transportasi publik di Jakarta juga digratiskan. Mulai dari MRT, LRT, dan TransJakarta.

"Kado spesial! LRT Jakarta, MRT Jakarta, dan TransJakarta dapat digunakan secara Gratis, saat hari ulang tahun ke-495 Kota Jakarta," demikian keterangan Humas Pemprov DKI Jakarta, Rabu (22/6/2022).

Hanya Berlaku Satu Hari

Pemberlakuan promo tarif gratis ini hanya berlaku satu hari yang bertepatan dengan ulang tahun Jakarta ke-495. Ketentuan waktu promo tersebut adalah:

  • Rabu, 22 Juni 2022: Pukul 00.00 - 23.59 WIB

Adanya penerapan tarif gratis khusus ini tertuang dalam Keputusan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Nomor e-0076 tahun 2022. SK tersebut ditandatangani oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo pada 21 Juni 2022.

"Layanan TransJakarta BRT dan Non BRT/Feeder, MRT Jakarta dan LRT Jakarta sebesar Rp 0,00 (nol rupiah)," tulis SK Kadishub DKI Jakarta.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan seluruh biaya ini nantinya bakal ditanggung oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta melalui subsidi.

"Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta hanya berlaku pada tanggal 22 Juni 2022," terangnya.

Kegiatan lain dalam rangka Jakarta Hajatan Ke-495 adalah upacara peringatan Hari Ulang Tahun Jakarta di Monumen Nasional. Upacara ini dihadiri langsung oleh Anies Baswedan.

Jadi, pada ulang tahun Jakarta apa saja yang gratis? Ada beberapa layanan yang gratis hari ini, seperti masuk museum, naik MRT, naik MRT, dan naik TransJakarta. Selamat mencoba!

Simak Video 'Masuk Ancol Gratis saat HUT DKI, Warga: Kalau Bisa Gratis Terus':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT