ADVERTISEMENT

Ulang Tahun Jakarta Tanggal 22 Juni, Mari Simak Sejarahnya

Syena Meuthia - detikNews
Selasa, 21 Jun 2022 17:37 WIB
Ulang tahun Jakarta diperingati setiap tanggal 22 Juni. Pada tahun ini, kota Jakarta telah merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta yang ke-495.
Ulang Tahun Jakarta Tanggal 22 Juni, Mari Simak Sejarahnya (Foto: Getty Images/iStockphoto/Aditya Mawardi)
Jakarta -

Ulang tahun Jakarta diperingati setiap tanggal 22 Juni. Pada tahun ini, kota Jakarta telah merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta yang ke-495.

Apakah kamu tahu sejarah hari ulang tahun Jakarta? Yuk, simak bersama-sama.

Sejarah Ulang Tahun Jakarta Tanggal 22 Juni

Dilansir dari laman resmi Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Jakarta Pusat, adanya hari ulang tahun Jakarta melalui penetapan Sudiro, Wali Kota Jakarta yang menjabat pada periode 1953-1958. Ia menyadari perlu ada perbedaan peringatan ulang tahun Kota Jakarta dengan perayaan berdirinya Batavia yang dibentuk oleh Belanda.

Untuk itu, Sudiro bersama sejumlah ahli sejarah seperti Mohamad Yamin, Sukanto, serta wartawan senior Sudarjo Tjokrosiswoyo meneliti bersama kapan Jakarta didirikan oleh Fatahillah. Kala itu Sudiro mempunyai keyakinan jika tahunnya itu 1527.

Namun terkait hari, tanggal, dan bulan lahirnya Kota Jakarta masih dipertanyakan. Kemudian, Sudiro menyerahkan naskah yang berjudul 'Dari Jayakarta ke Jakarta' kepada Dewan Perwakilan Kota Sementara untuk dibahas.

Melalui naskah tersebut, Sudiro menduga bahwa 22 Juni 1527 adalah hari yang paling dekat pada dibangunnya Kota Jayakarta oleh Fatahillah. Lalu, Sudiro mengusulkan tanggal tersebut sebagai berdirinya kota Jakarta.

Usulan pada sidang pleno 22 Juni 1956 diterima dengan suara bulat. Sehingga ditetapkan tanggal 22 Juni 1527 sebagai berdirinya Kota Jakarta. Sejak saat itu, tiap 22 Juni diadakan sidang istimewa DPRD Kota Jakarta sebagai tradisi memperingati berdirinya Kota Jakarta.

Logo HUT Jakarta 2022 memiliki makna tersendiri. Tahun ini, HUT Jakarta 2022 menggunakan istilah Jakarta Hajatan.Logo Ulang Tahun Jakarta 22 Juni 2022 'Jakarta Hajatan' (Foto: https://plus.jakarta.go.id/)

Upacara Hari Ulang Tahun Jakarta 2022

Mengutip dari Instagram resmi Jakarta Hajatan, akan ada upacara peringatan hari ulang tahun Jakarta di Monas yang dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Upacara tersebut akan dimulai pada pukul 07.00 WIB.

Upacara hari ulang tahun Jakarta 2022 diadakan secara hybrid, yaitu langsung di Monas bersama Anies Baswedan dan melalui daring sebagai berikut:

  • Live Streaming YouTube Pemprov DKI Jakarta
  • Virtual Zoom (Daftar melalui link ini)

Bukan hanya upacara bendera, ada beberapa kegiatan lain dalam peringatan hari ulang tahun Jakarta tanggal 22 Juni 2022. Berikut daftar kegiatannya.

  • 20-25 Juni 2022
    - Pekan Gerakan Jakarta Sadar Sampah (Seluruh RW di Jakarta)
  • 22 Juni 2022
    - Malam Resepsi Jakarta Hajatan Ke-495 (Balairung, Balaikota Pemprov DKI Jakarta)
    - Sidang Paripurna DPRD (Ruang Rapat Paripurna DPRD)
    - Rapat Kerja Gubernur Jabodetabekjur (Balaikota DKI Jakarta)
  • 23-25 Juni 2022
    - Puskesmas Expo 2022 (Hotel Bidakara Pancoran)
    - Launching Aplikasi Mobile Learning (Daring)
  • 25 Juni 2022
    - Malam Puncak Jakarta Hajatan ke-495 (Jakarta Internasional Stadium/JIS)
    - Jakarta Award (Jakarta Internasional Stadium/JIS)
  • 26 Juni 2022
    - Bazaar (CFD Sudirman-Thamrin)

Serba Serbi Kota Jakarta

Dikutip dari laman resmi Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta (DKI Jakarta) adalah ibu kota negara Indonesia. Kota Jakarta mempunyai beberapa nama yang dikenal oleh masyarakat Indonesia seperti Sunda Kelapa, Jayakarta, dan Batavia.

Pada dunia internasional, Jakarta mempunyai julukan J-Town atau lebih The Big Durian. Alasan penamaan The Big Durian karena Jakarta dianggap kota yang sebanding New York City (Big Apple) di Indonesia.

Secara geografis, Jakarta mempunyai luas sekitar 664,01 km² (lautan: 6.977,5 km²). Wilayah Jabodetabek yang berpenduduk sekitar 28 juta jiwa, adalah metropolitan terbesar di Asia Tenggara atau urutan kedua di dunia.

Demikian informasi peringatan ulang tahun Jakarta 2022 lengkap dengan sejarahnya. Sudah siap menyambut Jakarta Hajatan?

Lihat juga video 'Di Kepulauan Seribu Anies Buka Rangkain Jakarta Hajatan ke-495':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT