ADVERTISEMENT

Anies: Jakarta Berkesempatan Jadi Makin Maju di Tangan Bertanggung Jawab

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 22 Jun 2022 11:14 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan perubahan 22 nama jalan di wilayah Jakarta. Nama-nama jalan itu diambil dari nama tokoh-tokoh Betawi.
Anies Baswedan (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan harapannya di hari ulang tahun Kota Jakarta ke-495. Anies meyakini Kota Jakarta memiliki potensi menjadi lebih besar lagi jika dikelola oleh pribadi bertanggung jawab.

"Jakarta masih memiliki kesempatan menjadi kota yang makin maju makin berkembang di tangan pribadi bertanggung jawab, Bapak/Ibu sekalian," kata Anies saat memberikan sambutan dalam upacara HUT Kota Jakarta ke-495 di Monumen Nasional pada Rabu (22/6/2022).

Anies menyatakan kemajuan Kota Jakarta tak bisa sekadar dilihat melalui angka statistik. Dia mengajak seluruh pihak menggunakan kesempatan untuk menjadikan Jakarta sebagai kota rujukan dunia.

"Sering kali bagi kita yang jalani usia panjang cenderung tengok belakang, mari tengok ke depan. Bayangkan kota kita jadi rujukan bagi semua, yang jadi bahagia," ujarnya.

Eks Mendikbud itu menegaskan Jakarta kini masih berstatus sebagai ibu kota negara. Karena itu, dia meminta agar pembangunan kota tak sekadar memenuhi standar nasional.

"Ke depan kita harus terus menerus memastikan kemajuan Jakarta dilakukan bukan saja memenuhi semangat nasional, menunjukkan Jakarta ke depan akan jadi kota rujukan kota lain di Asia Tenggara," ujarnya.

"Jakarta adalah Ibu Kota Indonesia hari ini dan Jakarta masih menjadi pusat kegiatan ekonomi Indonesia dan pusat ASEAN," sambungnya.

Selain itu, Anies memandang segala sesuatu yang terjadi di Jakarta pasti berdampak terhadap wilayah lainnya. Menurutnya, ini merupakan konsekuensi yang mesti diambil oleh wilayah yang berstatus sebagai sentral kegiatan masyarakat RI.

"Bila di Jakarta ada ketegangan, Jakarta ada kemunduran, maka berbagai wilayah akan berasakan dampaknya. Ini adalah konsekuensi dari sebuah kota yang jadi sentral aktivitas masyarakat, baik di regional Jabodetabek maupun Indonesia," ucapnya.

Simak Video 'Anies Sebut Kebahagiaan Warga DKI Lebih Penting dari Angka Statistik':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT