ADVERTISEMENT

Anies Pamer Revitalisasi Plaza Selatan Monas di Upacara HUT Jakarta Ke-495

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 22 Jun 2022 10:50 WIB
Gubernur Anies Baswedan pimpin upacara HUT Jakarta ke-495
Gubernur Anies Baswedan pimpin upacara HUT Jakarta ke-495. (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi inspektur upacara HUT Jakarta ke-495 di Monumen Nasional (Monas) hari ini. Dalam kesempatan itu, Anies memamerkan hasil revitalisasi ikon Jakarta itu.

Anies awalnya menyampaikan kota Jakarta yang menginjak usia 495 tahun terus berbenah. Salah satu hasilnya adalah revitalisasi sisi bagian selatan melalui pembangunan Plaza Selatan Monas.

"Perjuangan kota kita hampir mencapai 500 tahun, kota ini tidak pernah berhenti untuk berbenah, terus-menerus melakukan pembaharuan. Termasuk tahun ini, tahun ini kali pertama kita selenggarakan upacara di lapangan sisi selatan Medan Merdeka," kata Anies dalam sambutannya di Plaza Monas, Jakarta, Rabu (22/6/2022).

Anies menyampaikan revitalisasi Monas sebenarnya telah rampung pada 2020. Namun, kawasan Monas memang baru bisa dibuka untuk umum pada 2022.

"Kawasan Monas yang mengalami revitalisasi di akhir 2019 harusnya sudah bisa dibuka pada 2020, tapi karena kondisi pandemi, maka tempatnya belum bisa digunakan. Akhirnya, digunakan perdana saat peringatan HUT Jakarta hari ini," jelasnya.

Eks Mendikbud itu mengaku bersyukur Monas akhirnya memiliki lapangan khusus untuk upacara. Adapun rancangan Plaza Selatan Monas menggunakan desain yang ada sejak zaman dulu.

"Lapangan yang kita gunakan hari ini mencerminkan rencana awal pembangunan kawasan Monas, di mana di sisi selatan ada sebuah lapangan khusus digunakan khusus untuk upacara. Alhamdulillah akhirnya rencana itu kita tunaikan, setelah selama ini kita tidak punya lapangan khusus," tandasnya.

Gubernur Anies Baswedan pimpin upacara HUT Jakarta ke-495Gubernur Anies Baswedan pimpin upacara HUT Jakarta ke-495. (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)

"Plaza Selatan ini sekarang sudah bisa digunakan dan rancangan plaza ini mengikuti rancangan yang ada di ketentuan yang ditegapkan Kepres tahun 1995, ini bukan rancangan baru, arsiteknya adalah di Kepres. Jadi tidak akan ada perluasan yang berbeda dari Kepres karena Plaza Selatan ini pun sesuai dengan Kepres," ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, HUT Jakarta atau Jakarta Hajatan ke-495 diperingati hari ini. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin upacara HUT Jakarta yang diadakan di Monumen Nasional (Monas).

Pantauan detikcom di Plaza Selatan Monas, Rabu (22/6/2022), Anies bersama istrinya, Fery Farhati, tiba di kawasan Monas pukul 07.20 WIB. Dia juga didampingi Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dan istrinya, Ellisa Sumarlin.

Anies dan Riza memakai setelan lengkap ujung serong khas Betawi disertai peci. Upacara HUT Jakarta tahun ini lebih meriah dibandingkan tahun sebelumnya..

Acara diawali parade 98 perwakilan Abang-None dari seluruh wilayah Jakarta. Setelah itu, dilanjutkan dengan parade perwakilan ASN dari masing-masing instansi di Pemprov DKI Jakarta.

Barulah pada pukul 08.00 WIB, upacara diselenggarakan. Upacara kali ini berlangsung dengan khidmat dan tertib.

Ada pula paskibraka beserta korps musik pengiring upacara. Barisan diatur sedemikian rupa agar tertib. Para peserta juga tamu undangan tampak memakai masker.

Selain itu, kemeriahan ditambah dengan adanya ornamen khas Betawi. Ornamen-ornamen ini menghiasi sekitar kawasan Plaza Selatan Monas.

Simak Video 'Anies Pimpin Upacara HUT Jakarta di Lapangan Monas':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/yld)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT