ADVERTISEMENT

Anies Pimpin Upacara HUT Jakarta Ke-495, Begini Suasananya

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 22 Jun 2022 08:34 WIB
Jakarta -

HUT Jakarta atau Jakarta Hajatan ke-495 diperingati hari ini. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin upacara HUT Jakarta yang diadakan di Monumen Nasional (Monas). Bagaimana suasananya?

Pantauan detikcom di Plaza Selatan Monas, Rabu (22/6/2022), Anies bersama istrinya, Fery Farhati, tiba di kawasan Monas pukul 7.20 WIB. Dia juga didampingi Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dan istrinya, Ellisa Sumarlin.

Anies dan Riza memakai setelan lengkap ujung serong khas Betawi disertai peci. Upacara HUT Jakarta tahun ini lebih meriah dibandingkan tahun sebelumnya.

Acara diawali parade 98 perwakilan Abang-None dari seluruh wilayah Jakarta. Setelah itu, dilanjutkan dengan parade perwakilan ASN dari masing-masing instansi di Pemprov DKI Jakarta.

Mereka tampak mengenakan pakaian adat khas Betawi. Tak hanya dari unsur ASN, peserta upacara hari ini juga terdiri dari unsur TNI, Polri, hingga perwakilan masyarakat.

Acara kemudian dilanjutkan dengan aksi pelukis pasir yang menggambarkan sejarah singkat kota Jakarta sejak 495 tahun lalu sambil diiringi narasi. Disebutkan pula nama-nama pemimpin Kota Jakarta dari tahun ke tahun.

Suasana Upacara Hut Jakarta ke-495 (Tiara Aliya-detikcom)Anies Pimpin Upacara Hut Jakarta ke-495 di Monas (Tiara Aliya/detikcom)

Nama Anies menjadi yang paling terakhir disebutkan. Dijelaskan pula kini Jakarta tengah berupaya mensejajarkan diri dengan kota-kota besar di dunia. Sejumlah pembangunan, mulai dari proyek MRT, JIS, hingga Formula E dipamerkan melalui lukisan pasir.

Barulah pada pukul 08.00 WIB, upacara diselenggarakan. Upacara kali ini berlangsung dengan khidmat dan tertib.

Ada pula paskibraka beserta korps musik pengiring upacara. Barisan diatur sedemikian rupa agar tertib. Para peserta juga tamu undangan tampak memakai masker.

Selain itu, kemeriahan ditambah dengan adanya ornamen khas Betawi. Ornamen-ornamen ini menghiasi sekitar kawasan Plaza Selatan Monas.

Simak halaman selanjutnya

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT