ADVERTISEMENT

Dirjen WHO Bertemu Jokowi, Sampaikan Pandemi COVID-19 Belum Berakhir

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Selasa, 21 Jun 2022 18:36 WIB
Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Tedros menyampaikan kepada Jokowi bahwa pandemi COVID-19 belum selesai.
Dirjen WHO bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka. (YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Tedros menyampaikan kepada Jokowi bahwa pandemi COVID-19 belum selesai.

Keterangan mengenai pertemuan Jokowi dan Tedros itu disampaikan oleh Menlu Retno LP Marsudi dalam video di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (21/6/2022). Hadir juga Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam pertemuan tersebut.

"Di dalam pembicaraan dengan Bapak Presiden, antara lain yang disampaikan oleh Dirjen WHO, pertama adalah mengapresiasi kepemimpinan Indonesia di dalam G20. Kemarin baru saja ada pertemuan menteri kesehatan G20 yang nanti akan disampaikan juga oleh Pak Menkes, dan Dirjen WHO betul-betul mengapresiasi kepemimpinan Indonesia di dalam G20," kata Retno.

Menurut Retno, Tedros menyampaikan apresiasi terhadap capaian Indonesia dalam mengatasi COVID-19. Selain itu, Tedros dan Jokowi berbincang mengenai masalah vaksinasi.

"Dan beliau menyatakan bahwa Indonesia adalah satu dari best achievement kalau diperbandingkan dengan rata-rata achievement yang dicapai oleh negara-negara lain dunia," ujar Retno.

Dalam kesempatan itu, Tedros menyampaikan kepada Jokowi mengenai pandemi COVID-19 yang belum berakhir. WHO saat ini terus memantau munculnya varian baru.

"Di dalam pembicaraan tadi disampaikan juga oleh Dirjen, walaupun situasi kasus COVID-19 dunia sudah mendatar namun beliau menyatakan bahwa pandemi belum selesai. Dan kita masih memantau terus, WHO masih memantau terus, munculnya varian-varian baru," imbuh Tedros.

Hal lain yang dibahas dalam pertemuan Jokowi dan Tedros adalah sistem preliminary health care. Pertemuan Jokowi dan Tedros disebut berlangsung sangat baik.

"Selain itu, beliau juga mengapresiasi, mengucapkan selamat atas sistem preliminary health care yang berjalan di Indonesia dengan baik dan juga mengenai masalah mandatory asuransi kesehatan di Indonesia," ujar Retno.

Simak Video: Catat! Hadiri Kegiatan Berskala Besar Kini Wajib Sudah Booster

[Gambas:Video 20detik]



(knv/rfs)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT