ADVERTISEMENT

Kejagung Jawab Tuntutan Korban Indra Kenz: Berkas Perkara Masih Diteliti

Karin Nur Secha - detikNews
Selasa, 21 Jun 2022 18:00 WIB
Ilustrasi  Indra Kesuma alias Indra Kenz.
Indra Kenz (Foto: Edi Wahyono)
Jakarta -

Sejumlah korban Binomo Indra Kenz menggelar aksi di Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk mendesak agar berkas perkara segera dilengkapi. Menanggapi hal tersebut, Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana mengatakan masih menunggu kelengkapan berkas dari penyidik.

"Saat ini, Jaksa Peneliti masih menunggu berkas perkara atas nama Tersangka IK dari Penyidik, dan setelah nantinya diterima serta seluruh petunjuk Jaksa telah dipenuhi, selanjutnya segera dinyatakan berkas lengkap (P-21)," ujar Ketut dalam keterangannya, Selasa (21/6/2022).

Selain itu, Jaksa Penyidik melalui Ketut menyampaikan telah memberikan petunjuk sejak berkas perkara dinyatakan belum lengkap oleh Dittipideksus Bareskrim Polri. Petunjuk itu berupa melakukan audit baik terhadap kegiatan trading, jumlah uang yang masuk dalam Binary Option, jumlah uang yang diterima oleh tersangka, dan jumlah korban yang disebabkan oleh tersangka untuk memastikan ketepatan atau validasi antara korban dengan jumlah kerugian yang diderita.

"Jaksa peneliti selalu menerapkan sikap kehati-hatian untuk mengakomodir semua kepentingan korban dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dalam penegakan hukum di proses pengadilan. Kejaksaan sangat menghormati dan berempati terhadap para korban yang menderita akibat perbuatan yang diduga dilakukan oleh tersangka IK," jelas Ketut.

"Pada saat pertemuan, Jaksa mempersilahkan perwakilan peserta aksi untuk melihat langsung proses penyerahan berkas perkara yang dilakukan oleh Penyidik pada Jaksa Peneliti, serta mengetahui apakah petunjuk Jaksa sudah atau tidaknya dipenuhi oleh Penyidik sebagai bentuk transparansi dalam penanganan perkara," sambungnya.

Sejumlah korban Binomo Indra Kenz menggelar aksi di Kejaksaan Agung (Kejagung). Para korban mendesak agar berkas perkara Indra Kenz segera diproses untuk kemudian disidangkan. Mereka menuntut kasus Indra Kenz segera masuk ke pengadilan.

"Segera proses P21 tersangka IK dan DS dan Proses Hukum. Kami mohon kepada pemerintah basmi jika ada oknum yang menghalangi proses kasus IK dan DS," tulis salah satu spanduk yang dibawa korban Indra Kenz.

Lihat juga video 'Indra Kenz Tulis Surat Terbuka, Bantah Dirinya Telah Bebas':

[Gambas:Video 20detik]



Baca selengkapnya pada halaman berikut.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT