ADVERTISEMENT

Fenomena Planet Sejajar Disebut Terjadi 24 Juni, Langka!

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Selasa, 21 Jun 2022 16:31 WIB
Fenomena planet sejajar adalah salah satu kejadian langka. Momentum tersebut akan terjadi pada pekan ini, yaitu 24 Juni 2022.
Fenomena Planet Sejajar 24 Juni 2022, Ini Serba-serbinya (Ilustrasi / Foto: Live Science)
Jakarta -

Fenomena planet sejajar adalah salah satu kejadian langka. Momentum tersebut akan terjadi pada pekan ini, yaitu 24 Juni 2022.

Lantas, planet apa saja yang muncul dalam fenomena planet sejajar? Berikut serba-serbi tentang fenomena planet sejajar.

Fenomena Planet Sejajar: Terakhir Terjadi Tahun 1864

Melansir dari situs Space, fenomena planet sejajar terakhir terjadi pada 5 Maret 1864. Pada saat peristiwa ini terjadi, kelima planet akan muncul dalam urutan yang sama di langit seperti pada orbitnya masing-masing mengelilingi matahari.

Fenomena planet sejajar adalah salah satu kejadian langka. Momentum tersebut akan terjadi pada pekan ini, yaitu 24 Juni 2022.Ilustrasi (Foto: Situs Lapan)

Susunan Fenomena Planet Sejajar

Nantinya, lima planet akan berderetan secara berurutan, mulai dari Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus. Berikut ciri-ciri kelima planet tersebut.

  1. Merkurius: Saat melihat dengan mata telanjang, Merkurius sangat rendah di timur-timur laut sekitar 30 hingga 40 menit sebelum matahari terbit.
  2. Venus: Planet ini terbit sekitar pukul 3.30 pagi waktu setempat.
  3. Mars: Biasanya terbit sebelum pukul 2 pagi waktu setempat. Warna Mars terlihat dengan rona oranye-kuningnya yang khas.
  4. Jupiter: Saat melihat dengan teleskop, bagian barat planet ini sedikit lebih terang daripada bagian timurnya.
  5. Saturnus: Terlihat seperti "bintang" kuning-putih terang yang bersinar dengan cahaya.

Jarang Bisa Melihat Kelima Planet Sekaligus

Mengutip dari USA Today, pemandangan langit seperti itu tidak akan terlihat lagi selama hampir 20 tahun. Namun, untuk bisa melihat kelima planet sejajar secara langsung adalah hal yang jarang terjadi. Biasanya, hanya bisa melihat deretan dua atau tiga planet.

"Meskipun melihat dua atau tiga planet berdekatan (yang dikenal sebagai konjungsi) adalah kejadian yang agak umum, melihat lima agak lebih jarang," kata majalah Sky and Telescope, yang dikutip detikcom dari USA Today, Selasa (21/6/2022).

Waktu Menyaksikan Fenomena Planet Sejajar

Dr Greg Brown, petugas astronomi publik di Royal Museums Greenwich, mengatakan, planet yang paling mudah dilihat adalah Venus dan Jupiter. Venus di atas cakrawala sekitar pukul 4 pagi waktu Inggris serta Mars dan Jupiter terlihat sekitar pukul 2.45 pagi.

Saturnus naik di atas cakrawala sekitar pukul 01.30, tetapi Mars akan sulit untuk dilihat saat senja. Merkurius paling sulit ditemukan karena baru terbit sekitar pukul 4.30 pagi, di mana matahari akan terbit.

"Satu-satunya kesempatan Anda untuk melihat kelima planet pada saat yang sama adalah sebelum matahari terbit," kata Brown, yang dikutip dari The Guardian, Selasa (21/6/2022).

Lihat juga video 'NASA Temukan Planet Mirip 'Neraka'':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT