ADVERTISEMENT

Gadis 18 Tahun di Sidoarjo Naik Haji Gantikan Ayahnya yang Wafat

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 21 Jun 2022 07:59 WIB
cjh asal sidoarjo
Nissa berangkat menunaikan haji menggantikan ayahnya (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Jakarta -

Gadis asal Sidoarjo yang baru lulus SMA, Fithrotun Nissa (18), akan berangkat Haji. Nissa tidak mendaftar haji sejak awal, namun Nissa menggantikan ayahnya, Mochamad Samar yang meninggal pada Juli 2021 lalu.

Dilansir dari detikJatim, Selasa (21/6/2022), Nissa berangkat haji hari ini bersama ibunya Siti Kurnia (55) pada kloter 25 Embarkasi Surabaya. Nissa sempat terkejut saat akan menggantikan almarhum ayahnya untuk berangkat haji. Tetapi ia harus tetap menggantikan karena ia adalah anak satu-satunya.

"Menggantikan ayah. Kaget awalnya, mau gimana lagi, kan saya anak tunggal. Jadi mau nggak mau harus menggantikan," kata Nissa kepada wartawan di Asrama Haji, Senin (20/6/2022).

Alumni SMAN Wonoayu, Sidoarjo ini menceritakan, pendaftaran haji dilakukan oleh orang tuanya pada April 2011. Kemudian, orang tuanya akan berangkat pada tahun 2020, namun tertunda karena pandemi COVID-19.

Saat menanti-nanti keberangkatan, takdir berkata lain. Pada Juli 2021, ayahnya harus berpulang ke Tuhan dan akhirnya diwakilkan kepada Nissa sebagai anak tunggal.

"Tahun 2020 mau pergi haji ditunda karena ada Corona, sampai meninggal. Ditunda 2 tahun. Sudah lunas semua, tinggal berangkat saja terus ditunda. 2021 meninggal. Terus diwakilkan ke anak, satu-satunya anak," jelasnya.

Simak selengkapnya di sini.

Saksikan juga 'Isak Tangis Warnai Keberangkatan Calon Jemaah Haji di Tasikmalaya':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/dwia)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT