ADVERTISEMENT

Pria 24 Tahun di Bone Jadi Peserta Haji Termuda Gantikan Ayahnya yang Wafat

Agung Pramono - detikNews
Senin, 20 Jun 2022 01:36 WIB
Rudy Asriadi (24), menjadi calon jemaah haji termuda di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam pemberangkatan embarkasi Makassar tahun ini
Foto: Rudy Asriadi (24), calon jemaah haji termuda di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel). (dok. istimewa)
Jakarta -

Rudy Asriadi (24) pria asal Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) menjadi peserta haji termuda dalam pemberangkatan embarkasi Makassar tahun ini. Rudy menggantikan ayahnya yang seharusnya naik haji tahun ini namun meninggal dunia sejak 2019.

"Ada satu jemaah termuda masih berusia 24 tahun. Dia menggantikan bapaknya yang meninggal atas nama Muhammad Askhar," kata Kepala Kemenag Bone Wahyuddin Hakim dilansir detikSulsel, Minggu (19/6/2022).

Wahyuddin menjelaskan Rudy menggantikan ayahnya berangkat ke Tanah Suci setelah melakukan pelimpahan porsi. Dia melengkapi sejumlah berkas seperti melampirkan akta kematian dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, setoran awal, dan setoran lunas biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) jemaah haji meninggal.

Selain itu, Rudy juga disebut telah melampirkan surat keterangan tanggung jawab mutlak yang ditandatangani oleh calon jemaah haji penerima pelimpahan.

"Melampirkan juga surat kuasa penunjukan pelimpahan nomor porsi yang ditandatangani oleh ahli waris dan diketahui oleh RT, RW, Lurah atau Kepala Desa, dan Camat," jelasnya.

Rudy merupakan mahasiswa di Jurusan Teknik Perkapalan Universitas Hasanuddin (Unhas). Ayahnya diketahui sudah mendaftar sejak tahun 2009.

Baca berita selengkapnya di sini.

Simak juga video 'Ahli Minta Jemaah Haji Tak Gunakan Alat Cukur Bergantian':

[Gambas:Video 20detik]



(dek/dek)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT