ADVERTISEMENT

Jokowi: Luhut-Zulhas Minta 1 Bulan agar Harga Minyak Goreng Merata

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Senin, 20 Jun 2022 18:50 WIB
Jokowi izinkan lepas masker merupakan aturan yang baru dikeluarkan. Jokowi memberikan pelonggaran penggunaan masker, yakni boleh tidak menggunakannya saat berada di luar ruangan.
Jokowi (Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Menko Kemaritiman dan Investasi (Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meminta waktu satu bulan agar harga minyak goreng merata di seluruh daerah. Jokowi meminta harga minyak goreng bisa dijangkau semua masyarakat.

"Saya tadi menanyakan ke Pak Menko Marinves, nanya juga pagi tadi kepada Pak Mendag yang baru, (keduanya) masih minta waktu dua minggu sampai satu bulan agar merata," kata Jokowi dalam sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Senin (20/6/2022).

"Saya kira secepatnya memang harus kita usahakan harga itu bisa tercapai agar terjangkau oleh masyarakat bawah," tambahnya.

Jokowi meminta produksi minyak terus didorong agar meningkat. Selain itu, dia meminta harga minyak goreng distabilkan.

"Kemudian dalam jangka waktu yang pendek, bagaimana bisa meningkatkan produksi, tidak bergantung sekali pada yang namanya impor, saya kira sumber-sumber minyak yang mudah, sekecil apa pun harga didorong produksinya agar meningkat. Tapi yang jelas, yang paling penting solusi pendeknya adalah menjaga harga di masyarakat bawah supaya tetap stabil dan terjangkau," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan harga minyak goreng di beberapa daerah sudah menyentuh Rp 14 ribu. Namun dia ingin harga tersebut juga dirasakan oleh masyarakat di daerah lain.

"Saya senang kemarin datang di beberapa pasar di Jabar dan kemarin saya di Provinsi Banten, minyak goreng untuk yang curah sudah di Rp 14 ribu. Tetapi apakah hanya di dua provinsi ini, kita kan ndak (begitu harapannya), kita harapkan di semua provinsi harganya sudah berada pada angka itu," ujar Jokowi.

(knv/jbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT