ADVERTISEMENT

Zulhas Kaget Harga Barang Tinggi, PAN: Mungkin karena Tak Pernah ke Pasar

Yulida Medistiara - detikNews
Sabtu, 18 Jun 2022 15:37 WIB
Jakarta -

Wakil Ketua Umum (Waketum) PAN Viva Yoga angkat bicara terkait Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) yang kaget harga bahan pokok tinggi. Viva menyebut mungkin Zulhas tidak pernah ke pasar sebelum menjadi Mendag sehingga tidak mengetahuinya.

"Ya karena mungkin Bang Zul nggak pernah ke pasar. Kalau misalkan Mas itu dulu lihat temen SMA, terus 10 tahun ketemu tambah cantik, kan pasti kaget juga kan," kata Viva dalam diskusi bertajuk 'Polemik Dramaturgi Reshuffle' yang disiarkan di YouTube MNC Trijaya FM, Sabtu (18/6/2022).

Meski demikian, Viva menyebut kunjungan Zulhas ke pasar untuk memantau harga pasar itu menjadi sebuah catatan. Dengan demikian, nantinya Menteri Perdagangan dapat merumuskan kebijakan terkait harga pangan yang tinggi berdasarkan produksi dan jumlah kebutuhan masyarakat.

"Ya bisa mantau (memantau di berita), tapi ternyata itu menjadi sebuah catatan ya kenapa terjadi kenaikan harga-harga bahan pangan pokok dan itu menjadi hal yang positif. Kalau menurut saya, untuk diperbaiki dalam rangka keseimbangan supply and demand barang dan jasa, terutama untuk 11 bahan pokok harus menjadi bagian penting yang harus diselesaikan selain minyak goreng," ungkapnya.

Sementara itu, menurut Viva, kinerja Zulhas sebagai Mendag di masa tahun politik tersebut tidak akan terganggu. Sama halnya kinerja Zulhas sebagai Ketum PAN, menurut Viva juga tidak akan terganggu jika menjabat sebagai Mendag.

"Tanggung jawab Pak Ketua Umum sebagai menteri itu tidak akan mempengaruhi tanggung jawab Ketua Umum sebagai Ketum PAN. Karena ketum yang sekarang ada di lembaga eksekutif tunduk patuh pada peraturan perundang-undangan," kata Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga, dalam diskusi bertajuk 'Polemik Dramaturgi Reshuffle' yang disiarkan di YouTube MNC Trijaya FM, Sabtu (18/6/2022)


Zulhas Blusukan ke Pasar

Menteri Perdagangan baru, Zulkifli Hasan, langsung tancap gas pada hari pertamanya menjabat. Pagi hari dia melakukan kunjungan kerja ke Pasar Cibubur, Jakarta Timur.

Zulhas mengecek harga pokok komoditas pangan, seperti beras, telur, minyak daging, dan lainnya. Dia mengaku kaget dengan kondisi harga pangan di Pasar Cibubur.

"Saya shock. Pembeli ngeluh, yang dagang juga ngeluh," katanya di depan wartawan, dilansir detikFinance, Kamis (16/6/2022). Zulhas mengatakan, terjadi kenaikan di hampir semua komoditas pangan, kecuali beras.

Simak selengkapnya halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT