ADVERTISEMENT

Survei Kepuasan Jokowi Anjlok, Senior PDIP Singgung Petinggi Sibuk 2024

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Senin, 20 Jun 2022 17:36 WIB
wakil ketua F-PDIP Hendrawan Supratikno
Foto: dok. Istimewa
Jakarta -

Survei Litbang Kompas terbaru menunjukkan tingkat kepuasan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menurun di angka 67,1 persen. Politikus senior PDIP Hendrawan Supratikno menilai ada dua hal yang menjadi sorotan masyarakat terhadap kinerja pemerintah saat ini.

"Kenaikan harga barang-barang secara umum dan kesibukan para petinggi yang lebih disibukkan dengan urusan persiapan perhelatan politik 2024, ini dua hal yang paling disorot dan dirasakan saat survei dilakukan," kata Hendrawan kepada wartawan, Senin (20/6/2022).

"Ini menurunkan optimisme dan keyakinan masyarakat terhadap kinerja pemerintah," lanjutnya.

Lebih lanjut, anggota Komisi XI DPR itu mengatakan hasil survei tersebut menyiratkan keinginan masyarakat agar pemerintah fokus pada capaian kerja yang nyata ketimbang hanya beretorika. Menurutnya, pemerintah diminta mampu bekerja dengan hasil konkret.

"Hasil survei menyiratkan harapan masyarakat agar pemerintah mengurangi porsi retorika, dan lebih fokus untuk menghasilkan capaian-capaian yang nyata. Harus mampu membuahkan hasil konkret atau delivery of results," lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, Litbang Kompas baru saja merilis survei kepuasan publik terhadap pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. Hasil survei menyatakan kepuasan publik menurun.

Metode survei yang digunakan yakni wawancara tatap muka secara periodik pada 26 Mei hingga 4 Juni 2022. Responden dipilih secara acak sebanyak 1.200 dengan metode pencuplikan sistematis di tingkat 34 provinsi Indonesia.

Tingkat kepercayaan metode ini 95 persen dengan margin of error +-2,8 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana. Kesalahan di luar pemilihan sampel dimungkinkan terjadi.

Berdasarkan survei yang dirilis Senin (20/6), kepuasan publik terhadap Jokowi-Ma'ruf turun 6,8 persen dibandingkan survei pada Januari 2022. Di awal tahun, tingkat kepuasan terhadap pemerintah di angka 73,9 persen. Pada Juni 2022, kepuasan terhadap kinerja Jokowi-Ma'ruf turun menjadi 67,1 persen.

Tingkat kepuasan publik dalam survei ini berdasarkan empat bidang, yakni bidang politik dan keamanan, penegakan hukum, perekonomian, serta kesejahteraan sosial. Pada aspek ekonomi dan penegakan hukum, terjadi penurunan tingkat kepuasan terdalam, masing-masing 14,3 persen dan 8,4 persen.

Sementara itu, aspek politik dan keamanan dan kesejahteraan sosial turun 4,5 persen dan 4,9 persen.

(fca/maa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT