ADVERTISEMENT

Sejarah Patung Jenderal Sudirman Jakarta yang Jadi Korban Vandalisme

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Senin, 20 Jun 2022 16:12 WIB
Patung Jenderal Sudirman di Jakarta adalah monumen Pahlawan Nasional di kawasan Dukuh Atas, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan. Ini sejarahnya.
Sejarah Patung Jenderal Sudirman Jakarta yang Jadi Korban Vandalisme (Foto: Ilman-detikcom)
Jakarta -

Patung Jenderal Sudirman di Jakarta adalah monumen Pahlawan Nasional yang berada di kawasan Dukuh Atas, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan. Sayangnya, patung tersebut kerap kali menjadi korban vandalisme orang usil.

Padahal, patung tersebut didirikan untuk mengenang jasa kepahlawanan Jenderal Sudirman. Simak sejarah berdirinya patung Jenderal Sudirman berikut ini.

Sejarah Patung Jenderal Sudirman Jakarta

Patung Jenderal Sudirman sudah diresmikan sejak 2003. Secara keseluruhan tinggi patung Jenderal Sudirman itu mencapai 11 meter, di mana patung inti (sosok Jenderal Soedirman) setinggi 6,5 meter dan penyangganya setinggi 5,5 meter. Bahan pembuatan patung tersebut dari perunggu seberat 4 ton.

Patung Jenderal Sudirman tersebut dibuat oleh Edi Sunaryo, seorang seniman yang berasal dari Bandung, Jawa Barat. Pembuatan patung itu juga didanai oleh keluarga dan kemudian disumbangkan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sekitar tahun 2003-2004 di masa kepemimpinan Gubernur Sutiyoso.

Menurut cucu sang jenderal yang bernama Ganang Soedirman, patung dibuat menghormat karena Jenderal Sudirman ingin menghormat kepada rakyat, bukan untuk dihormati.

Patung Jenderal Sudirman di Jakarta adalah monumen Pahlawan Nasional di kawasan Dukuh Atas, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan. Ini sejarahnya.Patung Jenderal Sudirman di kawasan Dukuh Atas, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan (Foto: Kanavino AR/detikcom)

Lokasi Patung Jenderal Sudirman di Jakarta

Patung Jenderal Sudirman di Jakarta yang berdiri tegak dan kokoh terletak di kawasan Dukuh Atas. Tepatnya di Jl. Jenderal Sudirman No.48, RT.10/RW.11, Setia Budi, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

6 Kota Tempat Patung Jenderal Sudirman Berdiri Gagah

Selain Jakarta, patung Jenderal Sudirman juga tersebar di beberapa kota di Indonesia. Berikut informasinya.

  1. Jakarta
    Patung Jenderal Sudirman di Jakarta dibuat dengan pose berdiri tegak sambil menghormat. Sejak diresmikan hingga sekarang, patung Jenderal Sudirman masih berdiri tegak di tengah Jalan Sudirman.
  2. Yogyakarta
    Di Yogyakarta terdapat beberapa patung Jenderal Sudirman yang bisa ditemui. Seperti di Museum Sasmitaloka Panglima Besar Jenderal Sudirman, Benteng Vredeburg dan di depan gedung DPRD DIY, Jalan Malioboro.
  3. Surabaya
    Lokasi patung Jenderal Sudirman di Surabaya berada di Jl Yos Sudarso, persis berhadapan dengan Monumen Bambu Runcing yang populer di Surabaya. Gestur patung dalam posisi berdiri tegak dengan kedua tangan lurus berada di sisi kanan dan kiri. Pada bagian bawahnya ada kata-kata mutiara yang menunjukkan semangat untuk tak mudah menyerah dan terus berjuang untuk bangsa dan Tanah Air tercinta.
  4. Pacitan
    Patung Jenderal Sudirman di Pacitan tepatnya berada di Kecamatan Nawangan. Monumen Jenderal Sudirman (Mojensu) didirikan untuk mengenang perang gerilya sang pahlawan ketika melawan penjajah. Lokasi tersebut dulunya adalah tempat di mana Jenderal Sudirman melakukan taktik perang gerilya.
  5. Purwokerto
    Patung Jenderal Sudirman di Purwokerto itu diletakkan di halaman kampus Universitas Jenderal Soedirman di Purwokerto, Jawa Tengah. Gestur patung sang jenderal itu nampak dengan posisi sedang menunggang kuda.
  6. Alor
    Patung Jenderal Sudirman di Alor, NTT, tersebut berada di Desa Maritaing, yang bisa dibilang menjadi perbatasan daratan Indonesia dengan Timor Leste. Patung diresmikan sekitar tahun 2011 sebagai simbol kedaulatan Tanah Air.
(kny/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT