PSI: Anies Sibuk Bikin Jalur Sepeda Dibanding Atasi Polusi Jakarta

ADVERTISEMENT

PSI: Anies Sibuk Bikin Jalur Sepeda Dibanding Atasi Polusi Jakarta

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 20 Jun 2022 15:23 WIB
Kualitas udara Jakarta hari ini kembali jadi sorotan. Tak hanya masuk kategori tidak sehat, kualitas udara Jakarta juga masuk dalam daftar yang terburuk sedunia
Ilustrasi/DKI Jakarta kembali menempati posisi pertama kualitas udara terburuk di dunia. (Dikhy Sasra/detikcom)
Jakarta -

DKI Jakarta kembali menempati posisi pertama kualitas udara terburuk di dunia. PSI mengkritik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang disebut sibuk membangun jalur sepeda ketimbang menuntaskan masalah utama di Jakarta.

"Gubernur kita sepertinya lupa terhadap masalah-masalah utama Jakarta seperti polusi, kemacetan, banjir, air bersih dan lain sebagainya, sehingga selama ini seolah cuma asyik bikin jalur sepeda, warna cat genteng, atau balap-balapan saja," kata anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PSI, Justin Adrian, dalam keterangannya, Senin (20/6/2022).

Justin memandang kejadian ini sudah menjadi agenda tahun yang tak serius ditangani. Padahal, kata dia, Pemprov DKI memiliki kemampuan finansial yang mumpuni serta kemampuan menegakkan peraturan.

Anggota Komisi D itu lantas mewanti-wanti Pemprov DKI tak terus membiarkan kendaraan penghasil polutan berkeliaran di Ibu Kota. PSI meminta ada penambahan lokasi uji emisi gratis bagi kendaraan di Jakarta atau kendaraan dari daerah Bodetabek yang masuk ke Jakarta.

"Kita harus tegas, semua kendaraan yang menghasilkan polutan di luar ambang batas tidak semestinya dibiarkan," tandasnya.

Selain itu, Justin meminta Pemprov DKI melalui Dinas Lingkungan Hidup melakukan pengecekan amdal dari semua pabrik dan tempat usaha yang menghasilkan polusi udara di Jakarta, termasuk melakukan penindakan untuk pelaku usaha yang menghasilkan polutan di luar batas aman.

"Jika perlu juga bekerja sama dengan daerah penyangga karena polusi udara tidak memiliki batasan wilayah," ujarnya.

Terakhir, Justin berharap Pemprov DKI tidak membiarkan permasalahan polusi udara ini. Mengingat, dalam jangka panjang, hal itu akan membawa efek buruk bagi warga Jakarta, khususnya anak-anak.

"Jangan sampai masa depan generasi penerus Jakarta terkena penyakit saluran pernapasan, akibat ketidakmampuan Pemprov DKI Jakarta mengatasi permasalahan polusi udara ini," imbuhnya.

Kualitas Udara Jakarta Terburuk di Dunia

Sebelumnya, kualitas udara di Jakarta tercatat menjadi yang terburuk di dunia hari ini. Catatan IQ Air menunjukkan AQI US Jakarta berada di angka 196, yakni kategori kualitas udara tidak sehat. Disusul Santiago, Cile, dengan AQI US 180; dan Dubai, Uni Emirat Arab, dengan AQI US 161.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Simak Video: Kualitas Udara di Jakarta Terburuk di Dunia, Ini Penjelasan BMKG

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT