ADVERTISEMENT

Pemkab Tangerang Jelaskan Penyebab Buruknya Kualitas Udara Pasar Kemis

Khairul Maarif - detikNews
Senin, 20 Jun 2022 12:56 WIB
Polusi masih menjadi momok bagi kota Jakarta. Gedung-gedung pencakar langit di Jakarta pun tampak diselimuti kabut polusi. Ini penampakannya.
Ilustrasi polusi (Rengga Sancaya-detikcom)
Tangerang -

Kualitas udara di Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Banten, masuk kategori tidak sehat hari ini versi IQAir. Pemkab Tangerang memberi penjelasan soal penyebab buruknya kualitas udara tersebut.

"Pasar Kemis itu salah satu daerah industri, Upaya yang kami lakukan adalah sudah terbangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) seluas 128,94 hektare (RTH Kabupaten 126,24 ha dan RTH Kecamatan 2,7 ha)," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang Achmad Taufik saat dihubungi, Senin (20/6/2022).

Selain RTH, pihaknya memantau kualitas udara dengan uji sampel. Dia mengatakan kualitas udara di wilayah tersebut terpantau secara real time.

"Lalu lintas, kawasan industri, permukiman dan perkantoran/Puspem, dan rencananya melalui anggaran APBD 2022 ini akan dilakukan pemasangan AQMS (Air Quality Monitoring System) yaitu pemasangan alat untuk mengukur kualitas udara secara direct reading, kontinu dan real time," tambahnya.

Dia juga mengatakan pihaknya telah melakukan pembinaan kepada masyarakat soal pentingnya udara bersih. Taufik juga menyebut tidak semua industri di Pasar Kemis menghasilkan polusi udara.

"Industri yang menghasilkan emisi atau cemaran udara tersebut diwajibkan setiap 6 bulan satu kali menguji kualitas emisinya atau cerobong asap sebagai bentuk implementasi komitmen atau penataan sesuai yang tertuang dalam dokumen lingkungan (amdal atau UKL/UPL). Dalam bentuk dokumen laporan semester pengelolaan dan pemantauan lingkungan," ujarnya.

Berdasarkan data dari situs IQAir, kualitas udara di Pasar Kemis berada pada angka 163. Angka tersebut berarti tidak sehat. Kualitas udara di lokasi itu diketahui dari satu kontributor atau stasiun KLHK.

"Konsentrasi PM2.5 di udara Pasar Kemis saat ini 15.9 kali di atas nilai panduan kualitas udara tahunan WHO," tulis IQAir dalam situsnya seperti dilihat pukul 12.48 WIB.

(haf/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT