ADVERTISEMENT

Anies Buka Final Liga Basket Piala Gubernur DKI Jakarta

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 19 Jun 2022 13:24 WIB
Gubernur Anies Baswedan membuka final Liga Basket Piala Gubernur DKI Jakarta.
Gubernur Anies Baswedan membuka final Liga Basket Piala Gubernur DKI Jakarta (tangkapan layar YouTube Pemprov DKI Jakarta)
Jakarta -

Final Liga Basket Piala Gubernur DKI Jakarta digelar hari ini. Gubernur Anies Baswedan membuka langsung turnamen hari ini di Hall A GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan.

Turnamen ini juga disiarkan langsung melalui YouTube Pemprov DKI Jakarta. Dilihat melalui rekaman video, Anies tampak memakai kaus berwarna putih serta rompi biru.

Anies menyapa para pemain serta penonton yang hadir. Setelah itu, dia langsung membuka pertandingan dengan melempar bola pertama.

Ketua Umum Perbasi DKI Jakarta, Lexyndo Hakim menjelaskan terdapat empat pertandingan yang diselenggarakan hari ini dengan kategori usia 15 dan 17 tahun serta usia 18 dan 20 tahun.

"Hari ini ada 4 pertandingan final kategori usia 15 dan 17, perebutan juara 1 & 2 dan kategori usia 18 sampai 20 tahun juga perebutan 1 dan 2 yang mana kemarin hari Sabtu udah selesai pertandingan perebutan juara ke-3 di setiap kategori usia," kata Lexyndo di GOR Sumantri, Kungingan Jakarta Selatan, Minggu (19/6/2022).

Lexyndo menjelaskan, Liga Basket Piala Gubernur DKI telah digelar sejak Maret lalu. Dia menyebut pertandingan ini diselenggarakan atas inisiatif Anies Baswedan demi mencari bibit unggul untuk kejuaraan nasional mendatang.

"Jujur, acara ini terselenggara memang inisiatif dari Pak Gub yang memang ingin adanya sebuah liga bola basket dan berjenjang, dalam arti kalaupun usianya memang bisa mencari bibit atlet Jakarta untuk menyongsong kejurnas misalnya, PON DKI Jakarta ke depannya seperti itu makanya usianya kita ambil 15-17 dan 18-20," jelasnya.

Anies juga berpesan supaya turnamen dapat dilakukan secara bertahap dengan menerapkan sejumlah modernisasi. Di antaranya adalah menyetel alunan musik selama pertandingan, mencatat statistik serta data setiap permain hingga menyuguhkan hiburan di sela pertandingan.

"Pembeda serta atensi utama pak gub tadi pagi adalah, turnamen diselenggarakan dengan beberapa modernisasi. Salah satunya sederhana, misal ada musik, ada permainan kombinasi, konfigurasi lagu, suasana memang setiap menit ada lagu-lagu musik ilustrasi yang membuat semangat pemain penonton menjadi lebih bergairah," tandasnya.

"Ada data statistik, tiap pemain, tiap orang tiap person ada statistik dan ada pencatannya di table. Apa isi statistiknya? Isinya ada skor si atlet berapa, turn over-nya berapa, shooting dari posisi-posisi mananya, semuanya tercatat. Sehingga ketika ada orang bilang oh dia bagus, mana datanya, nah kita ada datanya," sambungnya.

Lexyndo mengatakan nantinya Anies bakal menyerahkan langsung piala serta insentif kepada para pemenang di puncak Jakarta Hajatan pada 25 Juni mendatang. Acara bakal diadakan di Jakarta International Stadium (JIS).

"Jadi kebetulan nanti penyerahan juara 1, 2, dan 3 berikut piala dan bonus akan dilangsungkan pada saat puncak ulang tahun Jakarta kalau tidak salah di JIS tanggal 25 (Juni) mungkin waktunya jam berapa kita belum mendapat arahan. Ini adalah salah satu rangkaian dalam Jakarta Hajatan," imbuhnya.

(taa/aik)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT