ADVERTISEMENT

Usai Jokowi dan Gibran, Jan Ethes Kini Diundang Berkuda oleh Prabowo

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 19 Jun 2022 12:07 WIB
Prabowo Subianto ajari Gibran Rakabuming berkuda di Hambalang
Prabowo Subianto mengajari Gibran Rakabuming berkuda di Hambalang (dok. Istimewa)
Jakarta -

Prabowo Subianto baru-baru ini mengajak Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berkuda di Bukit Hambalang. Setelahnya, giliran putra sulung Gibran, yaitu Jan Ethes Srinarendra, yang mendapatkan undangan dari Menteri Pertahanan (Menhan) itu untuk berkuda.

Sekitar 6 tahun sebelumnya, yaitu 2016, ayah dari Gibran, yaitu Joko Widodo (Jokowi), sudah lebih dulu menyambut undangan Prabowo untuk berkuda. Tepatnya pada Senin, 31 Oktober 2016, Jokowi bertemu 2 jam di sebuah ruangan di lantai 2 rumah Prabowo, lalu diajak berkuda.

Setelah keluar dari ruangan, penampilan Jokowi berbeda. Dia mengenakan topi koboi dan sepatu bot tinggi untuk berkuda. Jokowi lalu naik ke kuda warna putih, yang diketahui bernama Salero. Sedangkan Prabowo naik kuda cokelat yang bernama Prinsipe.

"Tadi saya dikasih topi oleh Pak Prabowo, ya gini naiknya," kata Jokowi.

Politikus Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengungkap makna di balik Prabowo menjamu tamunya, termasuk terkait aksi menunggang kuda.

"Filosofi berkuda adalah pengendalian serta menyatukan irama dengan kuda yang ditunggangi," ungkap Dasco saat berbincang dengan detikcom, Senin (31/10/2016).

Kehadiran Jokowi disebut sebagai kunjungan balasan setelah Prabowo sowan ke Istana Bogor. Namun pertemuan keduanya dinilai sebagai simbol menyejukkan untuk proses Pilgub DKI.

"(Mereka) bicara banyak hal, soal situasi terkini juga," katanya.

Keakraban keduanya seolah-olah ingin menunjukkan bahwa mantan rival sekalipun masih tetap bisa menjalin hubungan baik. Seperti diketahui, Prabowo merupakan pesaing Jokowi pada Pilpres 2014.

"Kapan pun Presiden atau pemerintah memerlukan, Prabowo Subianto bersedia turun tangan membantu untuk memberikan bantuan dan masukan," ujar Dasco.

Prabowo sempat menyatakan Jokowi memiliki bakat berkuda karena badannya yang ringan. Mantan Danjen Kopassus itu diketahui memang memiliki hobi berkuda.

"Kurang komplet kalau ke Hambalang, di mana Pak Prabowo memelihara kuda-kuda terbaik, kalau tidak mengajak Presiden Jokowi naik kuda," ucap Dasco.

Tahun ini, giliran putra sulung Jokowi, Gibran, yang diajak berkuda Prabowo. Baca di halaman berikutnya.

Simak Video: Membandingkan Gaya Jokowi-Gibran Saat Berkuda Bareng Prabowo

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT