ADVERTISEMENT

Panas PKB Vs PAN gegara Sindiran Menteri Baru Kagetan

Tim Detikcom - detikNews
Sabtu, 18 Jun 2022 20:15 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melakukan kunjungan kerja ke Pasar Koja, Jakarta. Ada sejumlah hal yang dilakukannya dalam kunjungan tersebut. Apa saja?
Mendag Zulkifli Hasan saat mengunjungi pasar (Foto: dok. Kemendag)
Jakarta -

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Amanat Nasional (PAN) panas dan saling melontarkan sindiran. Hal itu bermula ketika terdapat sindiran terkait sosok menteri baru yang dinilai akting kaget.

Diketahui, Menteri Perdagangan baru, Zulkifli Hasan, langsung tancap gas pada hari pertamanya menjabat. Pagi hari dia melakukan kunjungan kerja ke Pasar Cibubur, Jakarta Timur.

Zulhas mengecek harga pokok komoditas pangan, seperti beras, telur, minyak daging, dan lainnya. Dia mengaku kaget dengan kondisi harga pangan di Pasar Cibubur.

"Saya shock. Pembeli ngeluh, yang dagang juga ngeluh," katanya di depan wartawan, dilansir detikFinance, Kamis (16/6/2022). Zulhas mengatakan terjadi kenaikan di hampir semua komoditas pangan, kecuali beras.

Sementara itu, muncul sindiran dari Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang mengungkit terkait sosok menteri baru yang disebut akting pakai kaget. Sindiran itu lalu dibalas oleh PAN dengan sindiran Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar 'seperti tidak ada'. Kemudian sindiran tersebut kembali dibalas PKB yang meminta pendatang baru tahu diri. Hingga akhirnya PAN menjawab keputusan reshuffle kabinet tidak selalu membuat senang semua pihak.

Berikut ini awal mula perjalanan kasusnya.

Cak Imin: Menteri Baru Kok Akting tapi Pake Kaget

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar melontarkan sindiran kepada menteri baru di Kabinet Indonesia Maju. Ketua umum parpol yang dikenal dengan panggilan Cak Imin itu menyebut menteri baru tersebut akting kaget soal harga barang naik.

"Menteri baru kok akting tapi pake kaget, barang sudah naik lama kok baru kaget," kata Cak Imin melalui akun Twitter pribadinya @cakiminNOW, seperti dilihat pada Jumat (17/6/2022).

Melalui akun Twitter yang sama, Cak Imin juga memposting fotonya sedang bersama Head of the Spiritual Assembly of Muslim of Russia Mufti, Sheikh Albir Krganov, dalam acara tablig akbar bersama para habaib, Kamis (16/6), di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat.

Dalam postingan foto itu, Cak Imin juga menuliskan kata 'kaget'. Namun, Wakil Ketua DPR RI itu tak menyebut nama menteri yang berakting kaget tersebut.

Seperti diketahui, ada dua menteri yang dilantik Presiden Jokowi dalam reshuffle kabinet 15 Juni. Dua menteri itu adalah Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) dan mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto.

Di antara dua menteri baru itu, yang ditunjuk mengurusi soal barang adalah Zulhas selaku Menteri Perdagangan. Sedangkan Hadi ditunjuk sebagai Menteri ATR/Kepala BPN.

PAN lalu membalas sindiran Cak Imin. Selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT