ADVERTISEMENT

HUT Bhayangkara Ke-76, Polda Metro Gelar Lomba Ketangkasan Bermotor

Wildan Noviansah - detikNews
Sabtu, 18 Jun 2022 18:34 WIB
Polda Metro gelar lomba ketangkasan bermotor (Foto: dok.istimewa)
Polda Metro menggelar lomba ketangkasan bermotor (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Polda Metro Jaya menggelar lomba ketangkasan bermotor di Lapangan Presisi Polda Metro hari ini. Sebanyak 91 orang polisi laki-laki (polki) hingga polisi perempuan (polwan) ikut serta dalam gelaran tersebut.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan lomba digelar dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-76, yang jatuh pada 1 Juli 2022. Total hadiah yang diperebutkan mencapai Rp 125 juta.

"Hari ini Ditlantas Polda Metro Jaya menggelar Lomba Ketangkasan Bermotor Kapolda Cup 2022 dalam rangka rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke-76," kata Sambodo, Sabtu (18/6/2022).

Sambodo berharap gelaran ini bisa mencetak anggota kepolisian yang memiliki safety riding skill yang tinggi.

"Harapannya, kompetisi ini dapat memberikan kontribusi nyata dalam mencetak insan Bhayangkara yang memiliki interpersonal safety riding skill yang tinggi serta menjadi pengungkit jiwa juang insan Bhayangkara dalam mengabdi kepada masyarakat," ujarnya.

Perlombaan tersebut membuka lima kategori. Kategori pertama diisi oleh polisi laki-laki dengan kendaraan motor besar tahun 2002 hingga 2015, kategori kedua diisi polisi laki-laki dengan motor besar tahun 2016 hingga 2022, dan kategori ketiga diikuti polwan motor besar. Selain itu, diadakan kategori keempat, yakni B.1 motor trail pribadi hingga kategori kelima B.2 motor trail dinas.

Kasat Pamwal AKBP Andi Indra Waspada mengatakan, dari total 91 orang peserta yang ikut serta, 16 di antaranya Polwan dengan kategori motor besar.

"Untuk jumlah keseluruhan peserta sebanyak 91 orang, yang terdiri atas 47 peserta kategori motor besar dan 44 peserta kategori motor trail. Untuk peserta kategori motor besar, sebanyak 31 peserta polki dan 16 peserta polwan," kata Andi.

Andi menjelaskan ketangkasan yang diuji dalam kategori motor besar tersebut meliputi uji zigzag hingga membentuk angka 8. Sedangkan untuk motor trail diuji dengan berbagai rintangan mulai dari keseimbangan hingga rintangan bebatuan.

"Adapun ketangkasan yang diuji meliputi uji zigzag, membentuk angka delapan, dan berbalik arah untuk motor besar. Sementara itu, untuk trail diuji berupa rintangan keseimbangan, rintangan batu, rintangan ban, serta rintangan polisi tidur," kata dia.

Simak juga 'Korlantas Polri Gelar Operasi Patuh':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/ygs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT