ADVERTISEMENT

Camat Ungkap Alasan Pesta Komunitas LGBT di Puncak Tak Diizinkan

M Solihin - detikNews
Sabtu, 18 Jun 2022 10:17 WIB
Ilustrasi LGBT (Dok-detikcom)
Ilustrasi LGBT (dok. detikcom)
Jakarta -

Rencana kegiatan komunitas lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) yang berbalut gathering dan edukasi HIV/AIDS di kawasan Puncak, Bogor, digagalkan pihak kepolisian. Kegiatan itu diduga mengarah pada pesta, dan pihak penyelenggara menolak mengurus izin.

"Jadi hari Kamis itu kami bersama petugas lain datangi pemilik vila untuk konfirmasi rumor yang beredar di masyarakat. Pemilik vila juga tidak tahu kegiatan sebenarnya apa. Yang dia tahu kegiatan kumpul-kumpul. Tapi hari itu juga pemilik vila sudah menyampaikan ke pihak penyelenggara kalau penyewaan dibatalkan," kata Camat Megamendung Acep Sajidin, Jumat (17/6/2022).

Acep menyebut kegiatan tersebut dibatalkan karena penyelenggara tidak mau mengurus izin kegiatan yang akan digelar.

"Hari itu kan kita datangi tu pemilik vila, kemudian konfirmasi kegiatan tamunya. Nah, setelah tahu, kemudian diminta kan tamunya buat izin kegiatan, tetapi nggak mau ngurus izinnya. Makanya dibatalkan acaranya, dibatalkan penyewaan vilanya juga," terang Acep.

Acep menjelaskan, pihaknya mendapat informasi kegiatan komunitas LGBT itu dari masyarakat. Untuk mengantisipasinya, kemudian pihak kecamatan bersama pihak kepolisian mengkonfirmasi pemilik vila.

"Awalnya kita dapat informasi dari masyarakat pada Selasa sore, kemudian Kamis kita datangi vila untuk konfirmasi itu. Ya informasinya kan ada kegiatan komunitas gay, makanya kita antisipasi, kita respons informasi itu," kata Acep.

Diberitakan sebelumnya, pihak Kepolisian Megamendung Bogor menggagalkan rencana kegiatan diduga pesta yang akan digelar komunitas penyuka sesama jenis di sebuah vila di kawasan Puncak, Megamendung, Kabupaten Bogor. Kegiatan komunitas lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) itu dibalut dengan tema kegiatan gathering dan penyuluhan HIV/AIDS.

Kapolsek Megamendung AKP Tri Lesmana mengatakan rencana kegiatan yang akan digelar oleh para penyuka sesuka jenis itu dipastikan batal dilaksanakan. Pihaknya tidak memberi izin untuk kegiatan para LGBT.

"Betul (dipastikan gagal)" kata Tri Lesmana, Jumat (17/6/2022).

Tri Lesmana mengatakan rencana kegiatan kaum LGBT tersebut terungkap setelah pihaknya mendapat laporan terkait rencana kegiatan penyuluhan HIV/AIDS yang akan digelar di sebuah vila di Megamendung, Puncak, Bogor.

"Kegiatan itu rencananya 18-19 besok, hari Sabtu-Minggu di Vila Pondok Koluska.

"Awal informasi akan ada kegiatan gathering, edukasi HIV/AIDS dengan tema back to school," kata Tri Lesmana.

Simak juga 'Chris Evans Bicara soal Film 'Lightyear' Diboikot karena Adegan LGBT':

[Gambas:Video 20detik]



(yld/idh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT