ADVERTISEMENT

Umumkan 3 Nama Bakal Capres, NasDem Akan Bangun Koalisi Pekan Depan

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Sabtu, 18 Jun 2022 01:05 WIB
Ketua DPP NasDem Willy Aditya
Willy Aditya (Foto: Dok. Pribadi)
Jakarta -

Partai NasDem telah mengumumkan tiga nama bakal capres untuk Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan, Andika Perkasa dan Ganjar Pranowo. Setelah pengumuman itu, NasDem rencananya mulai pembicaraan pembentukan koalisi pekan depan.

"Hari Rabu depan untuk memulai pembicaraan membangun koalisi," ujar Ketua DPP NasDem Willy Aditya saat konferensi pers di JCC, Jakarta Pusat, Sabtu dini hari (18/6/2022).

Willy mengatakan NasDem akan mengadakan pertemuan dengan sebuah partai politik. Namun dia tidak menyebut secara nama partai yang akan berkoalisi dengan NasDem

"Akan ada partai yang datang ke partai NasDem. Satu aja dulu, kau tunggu aja di Gondangdia (DPP NasDem). Kami tentu sangat terbuka untuk melakukan komunikasi politik. NasDem tidak memiliki handicap dalam menjalin komunikasi," kata Willy.

Kemudian, Willy menjabarkan alasan NasDem memilih tiga nama bakal capres sebelum bentuk koalisi. Sebab, Willy berpandangan hadirnya figus bakal capres dapat menarik minat partai politik untuk menjalin koalisi.

"Kenapa kami lebih dulu menentukan capres lalu membangun koalisi, kami sadar betul magnet utama di dalam proses pembangunan adalah pengantennya adalah capresnya. Dan hari ini adalah calon penganten partai NasDem," terang Willy.

Seperti diketahui, Partai NasDem mengumumkan 3 nama bakal calon presiden (capres). Ketiga nama itu adalah Gubernur DKI Anies Baswedan, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Tiga nama itu diumumkan oleh Ketua Umum Surya Paloh di Rakernas NasDem, JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (17/6). Ketiga nama itu berdasarkan hasil usulan seluruh DPW NasDem yang dilanjutkan dalam musyawarah steering committee.

"Saya coba buka rekomendasi yang ditujukan kepada saya, dengan amanah rakernas ini memutuskan menetapkan rekomendasi nama-nama bakal capres RI yang akan diusung oleh partai NasDem di 2024 mendatang dari 3 nama. Tiga nama ini adalah pilihan saudara-saudara, saya harus mengingatkan tidak ada yang kurang satu sama lain di antara 3 nama ini. Nilainya sama di mata saya sebagai ketum DPP, urutannya boleh satu, dua, tiga, tapi itu berdasarkan urutan baca. Kualifikasinya sama dan itulah komitmen saya kepada saudara-saudara di rakernas ini," ujar Paloh di JCC, Jakarta Pusat, Jumat (17/6/2022).

"Maka saya akan bacakan penetapan rekomendasi nama-nama bakal capres, pertama, Anies Rasyid Baswedan; kedua, Muhammad Andika Perkasa; ketiga, Ganjar Pranowo," lanjut Surya Paloh.

Simak Video '3 Bakal Capres NasDem: Anies, Andika Perkasa, Ganjar':

[Gambas:Video 20detik]



(rak/lir)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT