ADVERTISEMENT

Anggota DPR Apresiasi Jaksa Agung Bongkar Kasus Besar: Berani Ambil Risiko

Zhacky - detikNews
Jumat, 17 Jun 2022 17:06 WIB
I Wayan Sudirta
Anggota Komisi III DPR I Wayan Sudirta (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Anggota Komisi III DPR RI I Wayan Sudirta menilai Jaksa Agung ST Burhanuddin pantas dijajarkan dengan R Soeprapto dan Baharuddin Lopa. Wayan menganggap Burhanuddin masuk jajaran Jaksa Agung terbaik yang pernah dimiliki Indonesia.

"Di luar Soeprapto dan Baharuddin Lopa, ST Burhanuddin salah satu Jaksa Agung terbaik yang kita miliki," kata Wayan dalam keterangan tertulisnya, Jumat (17/6/2022).

Wayan punya penilaian tersendiri terhadap sosok Burhanuddin. Selain mempunyai kecerdasan dalam membongkar kejahatan, Burhanuddin dinilai juga tidak pandang bulu dan berani mengambil segala risiko.

"Dia (Burhanuddin) berani mengambil risiko dan menunjukkan kecerdasannya membongkar kejahatan," sebut Wayan.

Selama ini, Wayan mengatakan banyak yang menakuti Jaksa Agung jika ingin membongkar macam-macam kasus. Namun anggota DPR Fraksi PDIP itu melihat ancaman seperti itu tak mempan untuk Burhanuddin.

"Banyak yang menakuti, kalau bongkar sana, bongkar sini, nanti korbannya Anda sendiri. Itu tidak berlaku bagi Jaksa Agung yang sekarang. Mari kita dukung sama-sama," imbaunya.

Sebagai anggota Komisi Hukum dan bertugas di Badan Anggaran (Banggar) DPR, Wayan meminta pemerintah agar anggaran Kejaksaan mendapat perhatian lebih.

"Anggaran Kejaksaan jangan dipukul rata seperti anggaran sektor lain yang kerjanya biasa-biasa. Kita harus berani memberikan penghargaan lebih bagi orang yang berprestasi," ujar Wayan.

Ke depan, ia berharap pemerintah menurunkan anggaran bagi kementerian/lembaga yang tidak bekerja maksimal disesuaikan anggarannya, dialihkan untuk Kejaksaan, yang menunjukkan prestasinya.

"Kita harus berani menurunkan anggaran kementerian/lembaga yang tidak bekerja maksimal, (sementara) yang berprestasi diberi anggaran maksimal," ungkap Wayan.

Saat ini Wayan menilai kinerja Jaksa Agung ST Burhanuddin telah memberikan prestasi yang membanggakan, termasuk menegakkan hukum tanpa pandang bulu. "Kini tinggal pemerintah dan kita semua, khususnya DPR, untuk terus mendukung mereka yang telah bekerja keras," katanya.

(zak/fjp)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT