ADVERTISEMENT

Heboh Disebut Muncul di Sukabumi, Harimau Jawa Punah Sejak 1970-an

Bima Bagaskara - detikNews
Jumat, 17 Jun 2022 14:16 WIB
Perburuan Harimau Jawa Bogor-Sukabumi Sekitar Cicurug
Perburuan harimau Jawa Bogor-Sukabumi di sekitar Cicurug. (Bartels/Dok Yayasan Dapur Kipahare)
Bandung -

Kemunculan diduga harimau Jawa membuat heboh masyarakat di wilayah Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Padahal harimau bernama Latin Panthera tigris sondaica ini dinyatakan punah sejak puluhan tahun lalu.

Dilansir dari detikJabar, Jumat (17/6/2022), berdasarkan catatan The International Union for Conservation of Nature (IUCN), harimau Jawa punah pada dekade 1970.

Di situs resminya, IUCN menyatakan spesies terakhir harimau Jawa terlihat di Taman Nasional Meru Betiri, Jawa Timur, pada 1976. Penyebab kepunahan harimau Jawa ini didasari oleh maraknya perburuan dan hilangnya habitat asli karena pembukaan lahan.

Kemudian, berdasarkan penelusuran detikX pada 2017, harimau Jawa pernah hidup di sejumlah hutan di Pulau Jawa, mulai ujung Banyuwangi di Jawa Timur sampai Ujung Kulon di Banten.

Pemerintah Indonesia saat ini hanya memiliki sisa bagian tubuh (spesimen) dari hewan karnivora itu. Pusat Penelitian Biologi LIPI, yang terletak di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menyimpan dua spesimen kulit harimau Jawa dan harimau Bali.

Peneliti mamalia di Pusat Penelitian Biologi LIPI Profesor Gono Semiadi mengatakan dua spesimen harimau Jawa itu merupakan peninggalan Belanda pada 1910, yang tersimpan dalam lemari khusus dan besar.

Kulit harimau itu tergantung bersama dua kulit harimau Bali dan beberapa macan tutul atau macan kumbang. Juga terlihat sejumlah kerangka dan tengkorak kepala harimau.

Baca selengkapnya di sini

Lihat juga video 'Penampakan Harimau di Jambi yang Memangsa Belasan Ternak':

[Gambas:Video 20detik]



(idh/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT