ADVERTISEMENT

Roy Suryo Tawarkan Diri Bantu Polisi Cari Pengunggah Meme Candi Borobudur

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 17 Jun 2022 03:16 WIB
Roy Suryo
Foto: Lisye Sri Rahayu/detikcom
Jakarta -

Roy Suryo lapor polisi usai postingan meme patung Buddha Candi Borobudur mengundang polemik. Roy Suryo bahkan menawarkan diri ke polisi untuk turut membantu mencari pengunggah meme patung Buddha Candi Borobudur.

"Saya menawarkan diri kepada polisi untuk membantu, bukan hanya menjadi saksi, sekaligus menunjukan url-nya," kata Roy Suryo kepada wartawan di Polres Jakarta Selatan, Jumat (17/6/2022).

Roy Suryo mengaku sudah memyimpan kontak para pihak yang awalnya menyebarkan meme tersebut. Menurutnya, beberapa dari mereka sudah mematikan link meme itu atau lari dan tidak bertanggungjawab

"Saya sudah simpan, karena beberapa sudah mati linknya beberapa sudah di-off-kan atau mereka sudah lari, kemudian mereka tidak tanggung jawab," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Roy Suryo juga bertanggungjawab atas apa yang ia posting di media sosialnya. Dia bahkan meminta maaf lantaran postingan miliknya telah membuat gaduh.

"Sekali lagi untuk seluruh masyarakat Indonesia saya mohon izin saya mohon maaf kalau ini terjadi kegaduhan. Kegaduhan ini bukan saya mengelak, saya bertanggungjawab penuh. Tapi saya coba dudukkan proporsinya. Satu saya bukan uploader pertama. Kedua postingan saya terkait dnegan naiknya tiket. Tidak ada kata-kata saya dalam postingan itu yang menyentuh umat buddha atau menyentuh agama," ujarnya.

"Tidak ada kata-kata saya di situ yang menyentuh seseorang. Yang saya komentari di dalam postingan itu adalah kreativitas netizen. Makanya saya tampilkan kreativitas netizen tanpa saya ubah bahkan saya sampaikan detil akunnya," lanjut dia.

Roy Suryo Akan Laporna 3 Akun Medsos

Sebelumnya diberitakan, Roy Suryo lapor polisi usai postingan meme patung Buddha Candi Borobudur mengundang polemik. Roy Suryo melaporkan 3 akun media sosial tersebut karena mengunggah 'pertama kali' meme patung Buddha Candi Borobudur yang diedit mirip wajah Presiden Jokowi itu.

"Iya yang dilaporkan itu adalah pengunggah pertama. Yang diketahui oleh kami ada tiga akun," kata kuasa hukum Roy Suryo, Pitra Romadoni, kepada wartawan, Kamis (16/6).

Pitra menyebut Roy Suryo sudah memberikan penjelasan terkait postingannya yang berasal dari 3 akun media sosial itu. Dia menyebut postingan Roy Suryo menjadi ramai usai ada upaya penggiringan opini yang dilakukan para akun tersebut.

"Dan itu sudah dijelaskan juga di postingan Pak Roy. Bahwasanya beliau dapat dari sini (3 akun). Karena beliau merasa juga korban atas akun tersebut, dan digiring opini nya kearah sana maka kita laporkan," ucapnya.

Simak juga 'Jokowi Kenalkan Mobil Resmi KTT G20, Roy Suryo: Jadi Sales Pak?':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/mea)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT