ADVERTISEMENT

Abrasi di Minahasa Selatan Bikin Jembatan Ambruk, 10 Rumah Hanyut

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 16 Jun 2022 10:23 WIB
Jakarta -

Abrasi air laut menyebabkan jembatan penghubung antarkelurahan di Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara (Sulut), ambruk. Tak hanya itu, abrasi air laut itu juga menghanyutkan 10 rumah warga di sekitar jembatan.

Dilansir dari detikSulsel, Kamis (16/6/2022), peristiwa itu terjadi di kompleks Kambiouw, wilayah Kelurahan Bitung, Kecamatan Amurang, pada Rabu (15/6/2022) sekitar pukul 14.30 Wita. Warga yang berada di sekitar lokasi hanya pasrah melihat rumah-rumah itu hanyut ke laut.

"Terkait runtuhnya jembatan Bolivart akibat abrasi air laut sepanjang 75 meter mengakibatkan ada beberapa rumah dengan penginapan dan beberapa kafe yang turut menjadi korban terkait adanya abrasi air laut," ujar Kapolres Minahasa Selatan AKBP C Bambang Harleyanto, saat ditemui di lokasi, Rabu (15/6).

Bambang mengatakan, di antara bangunan yang hanyut, ada dua kafe dan tiga penginapan. Tempat usaha itu ikut terbawa air laut setelah jembatan ambruk. Saat ini warga yang terdampak diungsikan ke lokasi pengungsian sementara.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun bayi berusia 7 bulan nyaris menjadi korban bersama ibunya lantaran rumahnya tinggal hanya berjarak setengah meter dari pinggiran tanah yang terkikis akibat abrasi.

Simak selengkapnya di sini.

(mae/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT