ADVERTISEMENT

Jokowi Tak Bermasker Saat Sambut Presiden Jerman, Menkes Beri Penjelasan

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Kamis, 16 Jun 2022 10:53 WIB
Jokowi saat menyambut Presiden Jerman (Kanavino-detikcom)
Jokowi saat menyambut Presiden Jerman (Kanavino/detikcom)
Bogor -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak memakai masker saat menyambut Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Menkes Budi Gunadi Sadikin pun memberikan penjelasan.

Momen Jokowi tak mengenakan masker saat menyambut Presiden Jerman itu terlihat lewat video di akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (16/6/2022). Jokowi tak memakai masker selama berada di luar ruangan Istana.

Setelah masuk ke ruang Istana saat sesi foto bersama, Jokowi kemudian mengenakan masker. Selanjutnya, saat menanam pohon, Jokowi juga terlihat tak menggunakan masker.

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan pemakaian masker dilonggarkan saat berada di luar ruangan. Sementara itu, saat di dalam ruangan, diimbau masker tetap dipakai.

"Sebagai informasi, Teman-teman, tetap kita konsisten di luar kita bisa membuka, di luar itu kecil sekali. Tapi begitu masuk kembali ke ruangan, diharapkan dan disarankan tetap memakai masker. Bapak Presiden dan tamunya pun demikian," ujar Budi.

Presiden Jokowi terima kunjungan Presiden Jerman di Istana BogorPresiden Jokowi menerima kunjungan Presiden Jerman di Istana Bogor. (Kanavino/detikcom)

Budi mengingatkan semua pihak untuk tetap waspada. Dia berharap kondisi COVID-19 di Indonesia yang terkendali bisa terus dipertahankan.

"Kita harus tetap waspada ya. Karena mudah-mudahan Indonesia sudah baik sekarang karena kita bukan negara yang sangat agresif untuk membuka, tapi tetap waspada dan hati-hati dan Bapak Presiden itu harus kita laksanakan," ujar Budi.

Presiden Jokowi terima kunjungan Presiden Jerman di Istana BogorPresiden Jokowi menerima kunjungan Presiden Jerman di Istana Bogor (Kanavino/detikcom)

Budi juga menjelaskan kembali pelonggaran soal penggunaan masker. Kesadaran diri sendiri, katanya, merupakan kunci utama.

"Tetap waspada, hati-hati, di luar bisa buka masker. Tapi, begitu masuk di dalam, kita harus tetap pakai masker atau kalau di luar kerumunannya banyak pakai masker atau kita merasa badan kita tidak sehat atau ada yang kita lihat duduk berdiri di sebelah kita walaupun di luar batuk-batuk, kita tetap pakai masker," ujar Budi.

Simak juga 'Ada yang Khawatir Pertemuan Jokowi-Ketum Parpol Jadi Konsolidasi 3 Periode':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT