Apakah Anda Puas dengan Reshuffle 15 Juni?

ADVERTISEMENT

Apakah Anda Puas dengan Reshuffle 15 Juni?

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 16 Jun 2022 10:09 WIB
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kanan) dan mantan Panglima TNI Marsekal Purn Hadi Tjahjanto (kiri) mengikuti upacara pelantikan menteri dan wakil menteri yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6/2022). Zulkifli Hasan dilantik menjadi Menteri Perdagangan menggantikan M Lutfi dan Hadi Tjahjanto menjadi Menteri ATR/BPN menggantikan Sofyan Djalil.
Foto: Hadi Tjahjanto dilantik menjadi Menteri ATR dan Zulkifli Hasan dilantik menjadi Mendag (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melakukan perombakan kabinet atau reshuffle pada 15 Juni 2022 lalu. Reshuffle ini menghasilkan dua menteri dan tiga wakil menteri baru. Lalu, apakah Anda puas dengan hasil reshuffle ini?

Pelantikan menteri dan wakil menteri itu digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (15/6/2022). Pelantikan disiarkan langsung melalui YouTube Sekretariat Presiden. Pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan 'Indonesia Raya'.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pembacaan keputusan Presiden tentang pengangkatan menteri dan wakil menteri sisa jabatan periode 2019-2024. Jokowi kemudian memimpin pembacaan sumpah jabatan menteri dan wakil menteri.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," demikian petikan sumpah yang dibacakan Jokowi dan diikuti oleh pejabat yang dilantik.

Hadir dalam pelantikan ini antara lain Ketua Umum NasDem Surya Paloh, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, hingga Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Berikut menteri dan wakil menteri yang dilantik Jokowi:

Menteri

1. Ketum PAN Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan
2. Mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR/BPN

Wakil Menteri

1. Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri ATR /BPN
2. John Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri)
3. Sekjen PBB Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Tenaga Kerja (Wamenaker)

Jokowi juga membeberkan sejumlah alasan sehingga memilih Zulhas dan Hadi masuk bergabung ke kabinet.

"Kita melihat semuanya rekam jejak, pengalaman, kemudian... terutama untuk skil managerial karena sekarang memang bukan hanya makro saja, tepi mikronya harus secara detail dikerjakan," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (15/6).

Sementara itu, para pakar juga menilai reshuffle 15 Juni ini sarat akan manuver politik. Namun, kabinet telah dirombak. Jadi, apakah Anda puas dengan reshuffle 15 Juni ini?

Sampaikan pendapat Anda di kolom komentar ini...

Simak Video 'Stafsus Mensesneg: Reshuffle Bukan soal Tawar-Menawar Politik':

[Gambas:Video 20detik]



(rdp/tor)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT