ADVERTISEMENT

Rocky Gerung soal Reshuffle: Orang Ingin Luhut Diganti

Eva Safitri - detikNews
Rabu, 15 Jun 2022 23:06 WIB
Jakarta -

Rocky Gerung menduga reshuffle yang terjadi hari ini untuk memberikan sinyal kalau ekonomi bisa dipulihkan. Tapi dia menyayangkan hanya ada dua menteri yang direshuffle.

"Mungkin, kita duga kurang sebetulnya dua menteri yang diganti," kata Rocky dalam diskusi kolaborasi detikcom-Total Politik dengan tema 'Adu Perspektif: Politik Jawa Jokowi, Ojo Dumeh Berbuah Reshuffle', Rabu (15/6/2022).

Rocky mengatakan ada masyarakat yang ingin Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan juga di-reshuffle. Dia menyebut soal pergantian Luhut ada hubungannya dengan PDIP.

"Padahal sebetulnya orang ingin agar supaya Pak Luhut diganti. PDIP punya poin yang akhirnya nggak bisa dinegosiasikan oleh Pak Jokowi," kata Rocky.

Lebih lanjut Rocky mengatakan sukses atau tidak reshuffle kali ini dapat dilihat dari harga bahan pokok. Menurutnya, jika harga minyak goreng besok turun, masyarakat akan mengapresiasi reshuffle yang dilakukan Presiden Jokowi.

"Sukses atau nggak reshuffle hari ini tunggu aja besok, kalau harga minyak turun, itu sukses, kalau harga cabai turun dari Rp 150 ribu ke Rp 90 ribu itu sukses, karena itu cara orang mengapresiasi. Respons emak-emak lebih penting. Ini kan soal politik dapur sebenarnya," ujarnya.

Rocky sendiri melihat ada 2 parameter untuk menilai reshuffle sukses atau tidak. Selain soal ekonomi seperti penurunan harga bahan pokok, satu parameter lagi, yakni perihal demokrasi.

Menurut Rocky, yang tidak kalah penting adalah tokoh yang masuk kabinet memikirkan arah demokrasi, terkhusus perihal pencalonan di pilpres. Dia menganggap arah demokrasi RI sudah tepat jika tidak ada presidential threshold (PT) 20 persen.

"Yang lebih penting adalah memastikan mereka yang masuk kabinet mau memikirkan arah demokrasi. Saya selalu menganggap arah demokrasi itu dimulai garis start 0 persen. Konsolidasi demokrasi itu tidak boleh ada PT 20 persen dengan alasan apapun. Itu yang saya harapkan dari kabinet sekarang," kata Rocky.

"Jadi ada dua harapan, pertama harapan ekonomi dan harapan demokrasi," imbuhnya.

(eva/zak)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT