ADVERTISEMENT

Membandingkan 3 Reshuffle Kabinet Indonesia Maju, Kali Ini Ada yang Beda

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 15 Jun 2022 14:45 WIB
Presiden Jokowi melantik 2 menteri dan 3 wakil menteri baru di Istana Negara (Foto: Tangkapan layar YouTube Setpres)
Presiden Jokowi melantik 2 menteri dan 3 wakil menteri baru di Istana Negara (Tangkapan Layar YouTube Setpres)

2. Reshuffle Kabinet Indonesia Maju II

Empat bulan berselang, tepatnya pada Rabu, 28 April 2021, Jokowi kembali melakukan reshuffle kabinet untuk dua posisi menteri. Jokowi membentuk kementerian baru dan melebur dua kementerian. Berikut ini rinciannya:

-Jokowi menggabungkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) menjadi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Nadiem Makarim, yang sebelumnya menjabat Mendikbud, diangkat sebagai Mendikbudristek.

-Selain itu, Jokowi membentuk Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan mengangkat Laksana Tri Handoko sebagai Kepala BRIN.

Jokowi membentuk Kementerian Investasi dan mengangkat Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi sekaligus merangkap kepala BKPM.

3. Reshuffle Kabinet Indonesia Maju III

Hari ini, Presiden Jokowi melantik dua menteri dan tiga wakil menteri baru. Mereka yang dilantik mulai dari Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) hingga Elite PSI Raja Juli Antoni.

Berikut ini rinciannya.

-Dua nama yang dilantik sebagai menteri adalah Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan. Zulkifli Hasan menggantikan M Lutfi.

-Kemudian Mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Hadi menggantikan Sofyan Djalil.

-Sementara itu, tiga nama yang dilantik sebagai wakil menteri adalah elite PSI Raja Juli Antoni sebagai Wamen ATR/BPN. Raja Juli menggantikan Surya Tjandra.

-Selanjutnya, John Wempi Watipo, yang sebelumnya menjabat Wamen PUPR, digeser menjadi Wakil Mendagri.

-Nama terakhir adalah Sekjen PBB Afriansyah Noor. Afriansyah dilantik menjadi Wakil Menteri Tenaga Kerja (Wamenaker).

Namun ada yang beda dalam reshuffle kali ini. Kali ini Jokowi mengajak para ketum parpol untuk makan siang bersama dahulu di ruangan baru. Ruangan ini baru pertama kali dipakai oleh Presiden Jokowi untuk menyambut tamu.

"Ya artinya kebetulan hari ini ada satu Ketua Umum Baru gitu kan ya secara formal dikukuhkan, makan siangnya ya makan siang di tempat baru yang belum pernah dipakai presiden untuk menjamu siapa pun. Karena ini memang ruang privat presiden yang disebut presidential lounge, maka yang pertama kali diundang sebagai tamu-tamu adalah ketua-ketua umum partai," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung di kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (15/6/2022).


(rdp/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT