ADVERTISEMENT

Pj Gubernur Banten Klaim Hari Pertama PPDB SMA-SMK di Banten Lancar

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Rabu, 15 Jun 2022 13:02 WIB
Pj Gubernur Banten, Al Muktabar saat meninjau PPDB online di SMAN 1 Kota Serang
Pj Gubernur Banten Al Muktabar saat meninjau PPDB online di SMAN 1 Kota Serang (Bahtiar Rifai/detikcom)
Serang -

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengklaim hari pertama PPDB online SMA dan SMK di Banten berbasis sekolah berjalan lancar. Dia menyebut siswa yang langsung daftar ke website sekolah atau langsung daftar di sekolah pada hari ini berjalan normal.

"Ini bukan soal jaminan, faktanya jam 00.00 WIB buka sampai saat ini sudah ada 290 pendaftar dan alhamdulillah keadaan server kita masih normal-normal aja," kata Muktabar saat meninjau PPDB di SMAN 1 Kota Serang, Rabu (15/6/2022).

Sistem website dan server di sekolah disebut meminimalisir penumpukan dan menghambat server. Maka dari itu, solusi kembali ke sekolah diambil pada PPDB tahun ini.

"Syukur-syukur kalau zero something wrong," tegasnya.

Muktabar menyebut, selain di Serang, daerah lain, seperti Tangerang Raya, Pandeglang, hingga Lebak, disebut masih aman dari keluhan calon siswa. Bila ada keluhan, ia berjanji akan langsung turun ke sekolah.

"Bila ada hal-hal yang terjadi masalah kita kembalikan ke sekolahnya," ucapnya.

Ia meminta sekolah tidak menyalahgunakan PPDB sebagai ajang kecurangan. Termasuk misalnya manipulasi data pendaftar atau hal lain yang bersifat curang.

"Saya sangat mengimbau untuk tidak melakukan hal-hal di luar dari ketentuan yang sudah digariskan mari kita laksanakan kejujuran," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten Tabrani mengatakan sejauh ini belum ada laporan dari sekolah terkait server yang down saat siswa mendaftar. Selama ini, siswa masih berada di zona dekat sekolah, mereka dipastikan bisa mendaftar.

"Secara umum sewilayah Banten, walaupun datanya baru Tangerang dan sini (Kota Serang), secara keseluruhan sekolah belum down dari sisi pendaftaran secara online, ikhtiarnya mudah-mudahan sampai sore sampai besok," imbuhnya.

Lihat juga video 'KuTips: Jurus Menghindari Hepatitis Misterius Saat PTM':

[Gambas:Video 20detik]




(bri/fas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT