ADVERTISEMENT

Jejak Semua Reshuffle Kabinet Jokowi Selalu di Hari Rabu

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 15 Jun 2022 11:58 WIB
Deretan Nama Besar yang Dipanggil ke Istana Jelang Reshuffle
Ilustrasi Istana Negara (Foto: dok. detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan kembali merombak susunan kabinetnya atau reshuffle. Semua reshuffle dilakukan pada hari Rabu.

Dalam foto yang diterima detikcom dari salah seorang pejabat, Rabu (15/6/2022), tertera tulisan 'Pelantikan Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju Sisa Masa Jabatan Periode Tahun 2019-2024 oleh Presiden Republik Indonesia' dalam undangan tersebut. Pelantikan dijadwalkan bertempat di Istana Negara, Jakarta, pukul 13.30 WIB.

Para tamu undangan pelantikan diharapkan hadir pukul 12.30 WIB dengan membawa surat undangan dan hasil tes swab PCR yang berlaku 1x24 jam. Pejabat yang diundang tidak bisa mewakilkan kehadirannya kepada orang lain dan wajib memakai masker medis dua lapis.

Jokowi telah melakukan beberapa kali reshuffle. Semuanya dilakukan pada hari Rabu. Berikut ini daftarnya.

Berikut ini riwayat reshuffle kabinet Presiden Jokowi yang selalu dilakukan pada hari Rabu.

1. Reshuffle Kabinet Kerja I

Presiden Jokowi memutuskan merombak susunan Kabinet Kerja yang dibentuknya pada 27 Oktober 2014 pada Rabu, 12 Agustus 2015. Reshuffle kabinet jilid I ini mengganti lima menteri, termasuk tiga menteri koordinator dan sekretaris kabinet.

2. Reshuffle Kabinet Kerja II

Reshuffle kabinet kembali dilakukan pada 27 Juli 2016, yang juga hari Rabu. Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional, yang beralih mendukung Presiden Jokowi, mendapat posisi menteri dalam perombakan kali ini.

Simak Video 'Teka-teki Isu Reshuffle yang Seret 'Nama Besar'':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT