Reshuffle Artinya Apa? Ini Arti Reshuffle Kabinet yang Santer Dibicarakan

ADVERTISEMENT

Reshuffle Artinya Apa? Ini Arti Reshuffle Kabinet yang Santer Dibicarakan

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Selasa, 14 Jun 2022 18:13 WIB
Reshuffle artinya apa? Hal ini banyak dibicarakan oleh masyarakat ditengah maraknya isu reshufle kabinet Joko Widodo (Jokowi). Berikut informasinya.
Reshuffle Artinya Apa? Ini Arti Reshuffle Kabinet yang Santer Dibicarakan (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr)
Jakarta -

Reshuffle artinya apa? Reshuffle kabinet kembali santer dibicarakan oleh masyarakat di tengah maraknya kabar reshuffle kabinet Joko Widodo. Jokowi dikabarkan akan melakukan reshuffle kabinet pada 15 Juni 2022.

Reshuffle kabinet sudah pernah terjadi beberapa kali di pemerintahan Indonesia. Presiden Jokowi sempat melakukan beberapa kali perombakan kabinet.

Reshuffle Artinya Apa? Ini Jawabannya

Dikutip dari situs Cambridge Dictionary, reshuffle artinya perombakan. Istilah ini berasal dari bahasa Inggris sehingga tidak tercantum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Istilah reshuffle sendiri sering kali digunakan untuk merujuk pada suatu peristiwa ketika posisi orang atau hal dalam kelompok atau organisasi mengalami perubahan.

Berdasarkan situs Merriam Webster, istilah reshuffle tidak hanya digunakan pada konteks kabinet atau pemerintahan saja, tetapi juga dapat digunakan saat mengacak atau menyusun kembali setumpuk kartu. Sedangkan, reshuffle kabinet artinya melakukan reorganisasi dengan mendistribusikan kembali elemen yang sudah ada sebelumnya.

Dalam Longman Dictionary of Contemporary English, reshuffle artinya ketika pekerjaan orang-orang yang bekerja di suatu organisasi berubah, terutama di pemerintahan. Kamus bisnis Longman juga menyatakan, reshuffle bertujuan untuk memindahkan orang dalam suatu organisasi besar seperti pemerintaha dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya.

Reshuffle Kabinet Artinya Apa? Ini Penjelasannya

Masih dari situs yang sama, dijelaskan bahwa reshuffle kabinet artinya di mana beberapa anggota diberikan pekerjaan yang berbeda, beberapa anggota kehilangan pekerjaan mereka, dan anggota baru dibawa masuk. Dalam situs Institute for Government, pergantian pos menteri pada reshuffle kabinet artinya bisa bersifat minor. Namun, bisa juga bersifat besar-besaran dengan melibatkan beberapa menteri.

Reshuffle kabinet dilakukan untuk mencapai tujuan pemerintahan yang berkaitan dengan partai atau target tertentu. Tujuan tersebut diharapkan dapat tercapai dengan melakukan reshuffle artinya pergantian pada pos menteri.

Tujuan Reshuffle Kabinet

Reshuffle kabinet tentunya memiliki beberapa tujuan. Berikut poin-poinnya.

  1. Melakukan manajemen partai dan kabinet
    Reshuffle artinya pengangkatan dan pemecatan menteri yang menjadi bagian penting dari kekuasaan seorang pemimpin dan politikus. Dengan dapat membangun aliansi, memberikan reward, dan memastikan seluruh faksi dalam partai menjadi perwakilan pemerintah.
  2. Untuk manajemen kinerja para menteri dalam pemerintahan
    Reshuffle kabinet artinya menjadi kesempatan untuk mengevaluasi kinerja para menteri dalam pemerintahan, dimana bagi menteri yang memiliki kinerja baik biasanya mendapat tanggung jawab lebih besar.
  3. Menandai adanya pergantian atau perubahan kebijakan pemerintah
    Adanya reshuffle kabinet artinya mengindikasikan adanya perubahan prioritas pemerintahan dengan harapan prioritas tersebut dapat tercapai dengan mengganti para menteri.
  4. Untuk adanya penyegaran
    Reshuffle artinya bertujuan untuk melakukan refreshing atau penyegaran dengan menarik sosok yang baru dan lebih muda. Penyegaran tersebut dapat menjadi pilihan yang menarik ketika pemerintah kurang populer.

Demikian pembahasan mengenai 'reshuffle artinya apa' disertai penjelasan tentang reshuffle kabinet yang sedang marak dibicarakan. Semoga bermanfaat!

(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT