ADVERTISEMENT

Mentan Syahrul Yasin Limpo soal Isu Reshuffle: Aku Kerja Sekuat-kuatnya

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 14 Jun 2022 15:59 WIB
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo
Syahrul Yasin Limpo (Nahda Rizki Utami/detikcom)
Jakarta -

Isu reshuffle kabinet pada 15 Juni besok terdengar kuat. Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengaku tidak mengetahui pasti mengenai informasi tersebut.

"Aku nggak tahu tuh, aku kerja aja," kata Syahrul di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (14/6/2022).

Syahrul mengatakan tidak ada pemanggilan khusus terkait reshuffle dari Presiden Jokowi. Dia datang ke Istana untuk keperluan rapat.

"Enggak tadi rapat aja, rapat dan salah satunya aku diminta untuk mempersiapkan beras cukup, ya sekali kali kita ekspor. Aku lagi persiapkan itu," ujarnya.

Syahrul menegaskan dia tidak mengetahui terkait reshuffle. Dia memastikan bekerja sebaik-baiknya.

"Aku kerja aja, aku mulai dari bawah kerjanya kerja aja, semampu-mampu dan sekuat-kuatnya," ujarnya.

Diketahui sebelumnya, dari informasi yang diterima, ada lima kursi menteri yang bakal berganti kepemilikan. Lima kementerian yang menterinya bakal digeser ini ada di bidang ekonomi, yaitu Menteri BUMN, Menteri ATR/BPN, Menteri Perdagangan, Menteri Pertanian, dan Menteri Perhubungan.

Beredar juga informasi masuknya mantan Menparekraf Wishnutama ke dalam kabinet Jokowi. Belum diketahui apakah Wishnutama kembali menjadi menteri atau mengisi satu dari 10 kursi wamen yang masih kosong.

Isu soal 5 kursi yang digeser Jokowi juga terdengar sayup-sayup di kalangan politikus partai pendukung pemerintahan saat ini. Namun belum ada yang mau bicara terbuka soal waktu dan jumlah pasti menteri yang kena perombakan.

Istana Buka Suara

Istana buka suara soal santernya kabar perombakan kabinet. Istana menyerahkan sepenuhnya perombakan kabinet kepada Jokowi.

"Jadi yang namanya kabinet itu kewenangan sepenuhnya presiden. Presiden itu mempunyai hak prerogatif. Presiden mau ganti kapan saja, ya, terserah presiden. Mau hari ini, mau besok, mau lusa. Tapi kewenangan itu sepenuhnya ada pada presiden," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung kepada wartawan di kompleks Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Pramono menjelaskan, Jokowi-lah yang mengetahui secara jelas kondisi kabinet saat ini. "Ya yang jelas Presiden, kan beliau sudah 8 tahun di pemerintahan ini dan beliau tahu banget mana yang menjadi kebutuhan dari kabinet ini, sehingga itu yang menjadi... beliau sangat tahulah," ujarnya.

Simak juga video 'NasDem soal Isu Reshuffle 15 Juni: Itu Domain Presiden':

[Gambas:Video 20detik]

(eva/knv)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT